Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi, di samping makan dan minum. Sebab, pada saat tidur inilah seluruh organ tubuh akan mengalami perbaikan. Sel-sel mati yang ada di dalam tubuh akan tergantikan dengan sel-sel baru. Tentu saja perbaikan sel tubuh ini akan terjadi secara optimal jika tidur yang dilakukan cukup berkualitas. Apakah tidur berkualitas itu? Tidur berkualitas adalah tidur dengan nyenyak yang dilakukan dalam jumlah waktu sesuai kebutuhan tubuh. Setiap orang mempunyai kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Namun, rata-rata untuk orang dewasa, waktu 7 hingga 8 jam merupakan waktu ideal untuk beristirahat dalam satu hari. Kurang dari 6 jam, kinerja sel menjadi berkurang. Baca juga bahaya kurang tidur untuk kesehatan.

Lalu, pertanyaan selanjutnya, bagaimana untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas? Secara, permasalahan hidup selalu ada setiap harinya. Belum lagi usia yang sudah menginjak kepala empat dengan segudang rutinitas pekerjaan. Hal ini jelas sangat engganggu pikiran Anda menjelang tidur. Bahkan, terkadang permasalahan tersebut terbawa hingga ke alam mimpi. Nah, ini yang akan kita bahas tuntas di artikel ini. Berikut beberapa cara agar Anda dapat tidur nyenyak sepanjang malam selama waktu yang tubuh butuhkan.

Membatasi Tidur Siang

Untuk beberapa orang, termasuk orang yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas, tidur siang bisa menyebabkan sulitnya untuk tidur di malam hari. Jika pun bisa tidur malam, sering terbangun dengan sendirinya. Nah, agar hal ini tidak terjadi dan tidur berkualitas dapat tercapai, usahakan untuk membatasi tidur siang, yaitu maksimal 25 menit. Bahkan, jika mungkin hindari untuk tidur siang. Bagi Anda yang mempunyai segudang aktivitas, tentu ini bukan pekerjaan berat. Anda bisa mengalihkan kantuk Anda di siang hari dengan bekerja sepenuh hati. Lakukan tidur hanya pada waktu malam hari.

Jangan Olahraga Keras sebelum Tidur

Olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Namun, melakukan olahraga keras sebelum tidur justru membuat Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur. Badan yang terlalu lelah membutuhkan waktu lama untuk bisa menenangkan diri dan beristirahat. Jadi, pilihlah olahraga ringan seperti yoga jika memang harus melakukan olahraga sebelum tidur.

Jangan Mengonsumsi Makanan Berat sebelum Tidur

Selain olahraga, makanan berat juga harus Anda hindarkan menjelang tidur. Sebab, makanan berat akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi bekerja keras. Dalam kondisi ini, jelas tidur cepat tidak akan bisa Anda lakukan. Rasa begah akan Anda alami terlebih dahulu. Jika memang menjelang tidur Anda merasa lapar, siasati dengan mengonsumsi makanan kecil, seperti sereal, biskuit, susu, dan sebagainya.

Jangan Mengonsumsi Kopi atau Merokok sebelum Tidur

Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda merasa sulit untuk mengantuk. Begitu juga dengan kandungan nikotin dalam rokok. Meskipun Anda memaksakan untuk tidur dan berhasil, kemungkinan besar Anda akan terbangun beberapa kali di malam hari. Ini artinya, tidur berkualitas tidak akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, hindari untuk mengonsumsi kopi atau merokok menjelang tidur.

Jangan Bekerja atau Melihat Televisi di Kamar Tidur

Semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas lainnya sebaiknya singkirkan dari dalam kamar tidur. Buatlah pikiran Anda nyaman dan melupakan semua beban pikiran di siang hari. Dalam hal ini, laptop dan televisi juga perlu disingkirkan ke luar kamar. Meskipun kedua benda ini akan membuat Anda merasa senang karena dapat berselancar di dunia maya atau menikmati berbagai acara televisi, namun dapat mengganggu waktu tidur Anda.

Gunakan Bantal Kesehatan

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan menggunakan bantal kesehatan. Elektronik yang didesain di dalam bantal akan membantu Anda untuk rileks pada saat akan tidur dan membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan lebih dari itu, bantal kesehatan ini membuat Anda terhindar dari berbagai macam gangguan tubuh. Bantal kesehatan juga sangat efektif untuk mengatasi insomnia.

Ternyata, tidak sulit ya untuk bisa tidur berkualitas? Dengan menerapkan tips di atas, keeseokan harinya tubuh Anda akan terasa segar. Berbagai aktivitas pun dapat terlaksana sesuai rencana berkat tidur Anda yang berkualitas.


Tags: , ,