Stetoskop

Stetoskop merupakan alat kedokteran yang dipakai dalam dunia medis, berfungsi untuk mendengarkan denyut jantung, paru – paru dan pernapasan sebagai langkah awal untuk mendiagnosa penyakit. Pentingnya alat bantu pendengaran dokter ini memang tidak dapat dipisahkan dengan pasien, tanpa stetoskop dokter harus menggunakan telinga secara langsung yang memiliki dampak berbahaya yaitu mudah tertularnya suatu penyakit, karena secara langsung bersentuhan dengan kulit, dampak lain adalah diagnosa kurang kuat.

Ada dua jenis stetoskop yang dipakai di dunia medis, diantaranya stetoskop akustik dan stetoskop eletronik. Pada dasarnya konsep hasil dari dua jenis stetoskop tersebut sama, yang membedakan adalah cara kerjanya saja.

Ada kelebihan dari dua jenis stetoskop ini diantaranya :

  1. Stetoskop elektronik dapat mendeteksi suara yang sangat rendah dan dapat diperkuat melalui perangkat elektronik, sedangkan stetoskop akustik dirancang untuk mendengarkan pada suara normal dan tinggi saja .
  2. Stetoskop akustik memiliki sisi kelemahan pada suara yang langsung ke gendang telinga dokter, bila denyutan mendadak keras dapat menyebabkan cidera yang serius sedangkan stetoskop elektronik dapat diolah terlebih dahulu sehingga tidak langsung diterima oleh dokter.

jual stetoskop

Meski jenis stetoskop elektronik sudah beredar dipasar dan banyak perusahaan - perusahaan yang terus memproduksi produk baru, akan tetapi stetoskop akustik lebih banyak dipakai karena begitu mudah dipakai dan merawatnya. Pentingnya stetoskop dokter menjadi salah satu peralatan medis yang wajib dipunyai bagi seorang dokter, saking pentingnya stetoskop merupakan benda yang menempel di leher setiap kemanapun dokter pergi. Maka dengan ini kami juga merekomendasikan beberapa harga stetoskop yang paling laris dibeli konsumen :


Untuk cara penggunaan stetoskop akustik sangat mudah, pastikan stetoskop berfungsi dengan baik, ketuk diaphragm (bagian yang menempel pada pasien) bila suara terdengar jelas maka dipastikan tidak terjadi kebocoran tabung. Untuk hasil diagnosa terbaik, usahakan baju pasien tidak menghalangi bagian tubuh yang akan diperiksa, dan gunakan diagonisis di ruangan yang tenang.

Setelah melakukan pembelian, diusahakan untuk melakukan perawatan pada stetoskop anda, agar stetoskop lebih awet dan tahan lama. Berikut ini sedikit tips dari kami agar stetoskop awet dalam jangka panjang.

  1. Membersihkan secara rutin karena stetoskop mudah terkontaminasi oleh bakteri kulit pasien. Menurut penelitian swiss, bakteri pada bagian diaphragm stetoskop lebih tinggi dibandingkan dengan bakteri yang ada di tangan, tak hanya itu diaphragm stetoskop memiliki tingkat kolonisasi (kumpulan) kuman yang sangat tinggi dan selalu bertambah.
  2. Selalu melakukan desinfeksi bagian diaphragm pada stetoskop, karena beberapa implikasi dapat ditimbulkan seperti penularan penyakit apalagi pada pasien yang menderita HIV.
  3. Penggunaan alkohol dapat membunuh bakteri hingga 96%, penggunaan deterjen mengurangi bakteri berkisar 92% dan sabun dapat membunuh bakteri hingga 75%.

Yang perlu diperhatikan dalam membersihkan adalah tidak memasukan diaphragm stetoskop ke dalam cairan, namun cukup dengan mengoleskan dan membersihkan pada bagian karetnya saja.


Tags: , ,