Pispot

Pispot adalah sebuah benda yang berbentuk seperti bak atau tabung dilengkapi dengan pegangan untuk membawanya seperti layaknya gelas. Terbuat dari bahan stainless steel anti karat dan ada juga yang terbuat dari bahan plastik. Fungsi pispot tidak lain untuk membantu seseorang yang hendak buang air besar dan buang air kecil.

Namun pispot saat ini dibuat dengan fungsi sendiri – sendiri, pispot dengan bentuk seperti bejana digunakan untuk buang air besar sedangkan pispot berbentuk seperti cerobong digunakan untuk buang air kecil. Ketidakmampuan seseorang untuk berdiri menyebabkan pispot sangat dibutuhkan, penggunaannya dapat dilakukan di sebelah tempat tidur masing – masing.

Sebagai tindakan prosedur rumah sakit, membantu pasien yang hendak buang air besar haruslah tepat. Perawat diwajibkan mengetahui tata cara penggunaan pispot kepada pasien, bukan hanya sekedar menampung kotoran saja. Beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika menghadapi pasien yang hendak BAB / BAB antara lain : handscoon, pispot, pengalas yang dipasang dibawah bokong pasien, air, sabun disinfektan, dan tisu.

pispot



Manfaat Pispot

Begitu besar manfaat pispot diantaranya :

  1. Membantu pasien untuk buang air besar dan buang air kecil di tempat terutama para lansia dan seseorang yang tidak diperbolehkan beranjak dari tempat tidurnya.
  2. Menampung urine untuk tes laboratorium
  3. Membantu keterbatasan toilet
  4. Membantu BAK / BAB secara tiba – tiba
  5. Mengetahui perkembangan pasien melalui feses, dan urine. Feses yang sehat biasanya berbentuk S namun kalau feses dalam bentuk kelereng maka dipastikan mengalami sembelit dan pertanda tidak baik lainnya. Feses juga tidak boleh bewarna hitam, yang menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami gangguan pencernaannya.



Prosedur Penggunaan Pispot

Pispot juga memiliki prosedur penggunaan, terutama bagi yang berprofesi sebagai perawat. Berikut ini prosedur yang benar :

  1. Cucilah tangan anda
  2. Gunakan handscoon
  3. Lepaslah pakaian celana pasien dan kenakan selimut untuk menutupinya
  4. Kaki pasien ditekuk dan bokong di angkat
  5. Perawat akan meletakkan pengalas di bawah bokong
    pengalas pispot
  6. Ambil pispot dan letakan di bawah tepat feses itu keluar. Sementara itu pispot akan di tindih dan akan diberikan instruksi oleh perawat untuk segera mengeluarkan feses.
    pispot di tindih
  7. Setelah usai, angkatlah bokong untuk mengambil pispot
  8. Letakan sementara pispot di bawah tempat tidurnya dan tutuplah
  9. Bersihkan bokong pasien menggunakan lap yang sudah dibasahi hingga bersih
  10. Ambilah pengalas yang tadi diletakan.
  11. Pasang kembali celana yang terbuka pada pasien
  12. Sebelum meninggalkan tempat, pastikan semua tempat tidur bersih.



Rekomendasi Pispot Dari Mitra Kami

Mitra kami memiliki beragam pispot, mulai dari pispot anak, pispot dewasa, dan pispot wanita. Berikut ini rekomendasi dari kami :


Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lengkap melalui chat online, telephone, sms dan Whatsapp, karena kami siap melayani anda sepenuh hati


Tags: , , ,