Perlengkapan Tinju

Olahraga seni bela diri memang banyak sekali mulai dari taekwondo, karate, silat dan sebagainya, salah satu seni olahraga beladiri yang paling populer adalah tinju. Banyak kalangan baik usia muda maupun tua masih menyukai olahraga ini, disamping manfaat kesehatan juga sebagai antisipasi diri dari kejahatan di luar.

Tinju bukan hanya sekedar permainan pukul memukul, melainkan menjadi seni yang dapat mengharumkan nama indonesia, salah satunya adalah Chris John, seorang petinju asal jawa tengah yang mampu melewati kejuaraan hingga tingkat internasional. Asal mula pemain tinju ini adalah berlatih keras secara rutin serta didik oleh ayahnya.

boxing-perlengkapan-tinju

Anda pun juga dapat berlatih sendiri di rumah bersama saudara ataupun teman, namun untuk melakukan olahraga ini, beberapa hal yang harus dipenuhi salah satunya adalah perlengkapan tinju, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan :

1. Sarung Tinju

Peralatan tinju adalah salah satu perlengkapan yang harus ada, terdiri dari dua jenis diantaranya sarung tangan tinju tipis dan sarung tangan tebal. Fungsi sarung tangan tipis digunakan saat latihan, namun untuk sarung tangan tebal digunakan saat pertandingan bersama lawan agar tidak terjadi luka yang berat.

sarung-tangan-tinju-perlengkapan-tinju

2. Samsak

Samsak adalah alat tinju yang wajib dimiliki seorang petinju, berguna untuk sasaran atau target pukulan. Banyak model dan ukuran dari samsak mulai berbentuk tinju hingga seperti sarung tangan, namun hal yang perlu diperhatikan adalah kualitasnya. Salah satu bahan yang memiliki kualitas tinggi adalah nylon buet capoira yang tidak mudah robet hingga 4 tahunan.

samsak-tinju-perlengkapan-tinju

3. Head Guard

Perlengkapan tinju yang harus ada saat pertandingan maupun latihan bersama lawan. Head guard dapat melindungi kepala anda dari resiko cidera akibat pukulan dari lawan. Dengan memakai head guard, rahang, telinga, dan kepala anda sudah terlindungi dengan baik meskipun pukulan lawan sangat keras.

Head guard berbentuk seperti helm namun tidak menutupi bagian mata, hidung, pipi dan mulut. Bila anda masih pemula, sebaiknya gunakan perlengkapan tinju ini, agar keamanan saat berlatih lebih terjamin.

head-guard-perlengkapan-tinju

Itulah peralatan tinju yang wajib anda gunakan, dan masih banyak lagi aksesoris tinju lainnya yang dapat menunjang olahraga tinju tersebut. Bila anda hendak membeli perlengkapan tinju, sebaiknya pilih yang memiliki kualitas tinggi, disamping awet juga memiliki kenyamanan saat terkena pukulan maupun memukul. Berikut ini beberapa perlengkapan tinju yang kami rekomendasikan :


Lengkapi perlengkapan tinju anda, semakin lengkap semakin pula meminimalisir resiko terjadinya luka memar. Sangat disarankan sekali bagi yang masih junior dalam berlatih tinju, meskipun dipantau oleh guru kursusnya sekalipun. Selain itu memiliki perlengkapan tinju sendiri dapat berlatih setiap hari, tanpa menunggu jadwal terbatas dari kursus. Semakin anda latihan semakin pula skill anda meningkat.

Olahraga tinju memang tidak dapat diprediksi ataupun dimanipulasi, banyak tindakan agresif yang sewaktu waktu dapat melukai lawannya seperti cedera otak, gangguan penglihatan, dan benturan gigi. Inilah yang menyebabkan para junior petinju mundur dari hobinya setelah mencoba olahraga tinju.

Padahal olahraga tinju dapat diantisipasi dengan menggunakan perlengkapan tinju profesional, latihlah setiap hari dengan aman dan nyaman agar prestasi anda dapat terus meningkat tanpa mengalami kendala berupa cidera.

Bila anda masih ragu dengan informasi perlengkapan tinju di website kami, silahkan hubungi Costomer Service , anda pun boleh berkonsultasi dengan kami, agar kami dapat memberikan saran alat – alat tinju yang anda butuhkan. Hubungi kami melalui nomor yang tertera di bawah ini.


Tags: , , ,