Oximeter

Oksigen merupakan salah satu unsur sangat penting dalam kehidupan di bumi, tanpa adanya oksigen manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Manusia adalah salah satu makhluk yang membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidup, rata – rata membutuhkan 8 Liter, lantas bagaimana bila tubuh manusia mengalami penurunan kadar oksigen? Tentu nanti kami akan jelaskan dampaknya.

Tubuh manusia secara normal mengkonsumsi kadar oksigen minimal 95%, jika pada diri anda terdeteksi 90%, maka anda sudah termasuk seseorang yang mengalami kekurangan oksigen. Tubuh manusia setidaknya memiliki nilai minimal kadar oksigen 95%, di bawah itu anda sudah terkena penyakit hipoksemia atau penyakit pernafasan dengan gejala seperti kebingungan dan sesak nafas.

Oximeter adalah peralatan kecil yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah, di operasikan menggunakan perangkat kecil yang memiliki sensor cahaya dan gelombang inframerah. Pada dasarnya untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh dilakukan dengan tes darah, namun cara ini dianggap sebagai tindakan yang tidak efektif karena seseorang tidak dapat memantau kesehatan secara berkala. Oksimeter merupakan perangkat portable yang dapat digunakan berkali – kali, yang bermanfaat untuk memantau kesehatan seseorang yang berada pada lingkungan tidak sehat seperti lingkungan dekat dengan pabrik.

oximeter



Manfaat Oximeter

Banyak sekali manfaat dari perangkat kecil ini, diantaranya :

  1. Pendaki Gunung. Bagi seorang pendaki tentu sudah pernah mengalami pingsan tiba – tiba. Penyebab utamanya adalah tekanan udara pada daerah ketinggian dapat mengakibatkan persediaan oksigen semakin kecil. Itulah sebabnya seorang pendaki gunung mengalami sesak nafas, sukar bernafas dan pingsan.

  2. Pilot. Sering mengalami HIPOKSIA atau gejala yang timbul akibat kekurangan oksigen. Indikasi yang sering muncul pada seorang pilot adalah penglihatan menjadi buram disertai dengan pusing. Oximeter adalah salah satu cara untuk mendeteksi kadar oksigen dalam tubuh dan sebagai penanganan awal.

  3. Penderita Jantung. Orang yang sedang mengalami gagal jantung dapat di monitoring selalu kesehatannya melalui oximeter. Pasokan udara sangat penting untuk mencukupi kinerja jantung.

  4. Dan masih banyak lagi



Prinsip Kerja Oximeter

Prinsip kerja oksimeter sangat sederhana, pembuluh darah merupakan tempat dimana oksigen tersalurkan ke area tubuh. Alat ini memancarkan dua buah gelombang yang dipantulkan, bila hemoglobin yang mengangkut oksigen terlalu banyak, maka pantulan tersebut akan menjadi lambat seakan tertahan sehingga dinyatakan sebagai kadar oksigen sehat diatas 95%.

prinsip kerja oximeter



Dampak Kekurangan Oksigen

Beberapa dampak yang perlu di waspadai ketika mengalami oksigen lemah :

  1. Pingsan
  2. Rasa Lelah
  3. Kesulitan bernafas
  4. Nyeri otot
  5. Gangguan mata
  6. Sianosis (muka tampak pucat)
  7. Serangan jantung



Rekomendasi Oximeter

Beberapa produk oximeter bayi, dan oximeter dewasa kami rekomendasikan. Berikut ini diantaranya :


Bila anda mengalami kebingungan, informasi yang kurang dapat menghubungi Customer Service kami, silahkan hubungi kami melalui chat online, telephone, sms dan whatsapp karena kami siap melayani anda sepenuh hati.


Tags: ,