Mari Hidup Sehat Dengan Sinar Matahari @Info.Sehat

Manfaat sinar matahari pasti semuanya juga paham bukan? banyak sekali manfaat yang telah di dapat bagi kehidupan di bumi ini. Anda pun dapat menikmati manfaat matahari ini secara GRATIS di pukul 06.00 hingga 09.00. Lalu apa yang bisa kita dapat? Tentu tidak lain adalah vitamin D. Terdengar seperti sederhana, namun sebenarnya berkisar 400 unit vitamin D dapat anda nikmati secara gratis yang masing – masing memiliki peran tersendiri. Bisa anda bayangkan, vitamin D yang dijual di pasar saja saat ini berkisar 30 ribu hingga 200 ribuan lebih. Namun belum tentu keamanannya terjamin bagi tubuh kita.


Lalu Apa Benar Matahari Itu Ada Vitamin D-nya dan Berapa Lama Harus Terpapar Sinar Matahari?

 

Nah pertanyaan seperti ini pasti selalu dilontarkan oleh para testimonial bukan, berikut ini kami akan bahas. Sinar matahari sudah dikenal sebagai masyarakat sebagai pembawa kebaikan bagi seluruh makhluk hidup di bumi, tak hanya manusia saja, tumbuhan, hewan maupun planet kita sendiri juga membutuhkannya. Salah satu contoh yang tidak kita sangka bahwa ada hewan yang memanfaatkan energi matahari sebagai perawatan yaitu kucing.

Kok kucing?? Yups, tahukah kenapa kucing tanpa manusia suruh selalu berjemur di pagi hari dan selalu menjilat jilat bagian bulunya?

Karena tanpa anda ketahui, kucing mampu mendeteksi keberadaan sintetis vitamin D yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang manusia. Kucing memanfaatkan sinar matahari ini sebagai penguat sistem kekebalan tubuh, penangkal bakteri, virus dan meregenerasi kelebatan bulunya. Bahkan menurut kepercayaan masyarakat indonesia, bahwa seekor kucing yang menjilat jilat bulunya menandakan bahwa kucing tersebut lagi memakan vitamin D.



Lantas bagaimana dengan manusia?

Manusia memang tergolong makhluk hidup yang mudah dijangkiti penyakit penyakit ringan hingga berbahaya, terdiri dari virus, dan bakteri dapat mengendap di dalam tubuh. Sinar matahari yang memaparkan ke kulit manusia, berperan sebagai produksi vitamin D dan sistem kekebalan tubuh. Berkisar antara 30 hingga 60 menit saja, tubuh seseorang akan terasupi vitamin D seharian penuh, berbeda dengan vitamin D yang terdapat pada asupan makanan yang hanya mengasupi vitamin D pada tubuh hanya 10% – 20 % saja, padahal tubuh memerlukan 80% keatas untuk menjaga kepadatan tulang.



Saya tidak pernah berjemur tapi tulang saya tetapi kuat kok! Inilah Alasannya....

Human easy pain atau manusia memang tidak dapat di tebak kapan kita sakit dan kapan kita mulai sembuh, inilah pola kehidupan kita. Contoh saja, makanan junk food tidak akan membuat seseorang langsung terkena serangan jantung ataupun gemuk seketika, hal ini juga sama dengan manfaat dari sinar matahari bagi tulang. Seseorang tidak akan merasakan dampak akibatnya secara langsung, bahwasannya bila dibiarkan akan mengalami keroposan sedikit demi sedikit. Lantas kapan kita akan merasakan dampaknya?

Jawabannya adalah setelah bertambahnya usia. Ketika bertambah usia maka semakin pula tulang mengalami kerapuhan. Hal ini ditandai dengan tulang tulang yang bolong – bolong kecil seperti lubang jarum, bila pada usia muda saja sudah mengalami tulang keropos maka dipastikan usia tua akan mengalami kelumpuhan, osteoporosis dan yang paling parah adalah anda tidak dapat berjalan kemana mana, hanya berbaring saja menanti umur.

Untuk mencegah penyusutan tulang di masa tua, alangkah sebaiknya anda mengasupi kepadatan tulang anda dengan pola gaya hidup sehat sejak dini. Sehingga di masa tua nanti, tulang anda tidak mengami kerapuhan tulang.



Tahukah anda? selain vitamin D peran apakah sinar matahari untuk tubuh manusia?

Ternyata beberapa pengamatan dan penelitian dari rumah sakit, menyatakan bahwa sinar matahari memiliki peran sebagai analgesik atau pereda rasa sakit. Beberapa pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit, akan terlihat lebih nyaman, energik dari pada pasien yang lain yang tidak dapat tersinari sinar matahari.

Anda juga dapat membuktikan sendiri dengan berjemur di bawah matahari ketika punggung anda merasakan sakit. Cobalah kehangatan sinar matahari selama 30 menit, anda dapat merasakan punggung anda mulai mereda rasa nyeri. Inilah bukti bahwa sinar matahari memiliki banyak manfaat, namun banyak orang yang tidak mempedulikannya karena berbagai aktivitas kesehariannya.



Inilah Kesimpulan 7 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan @info.sehat

Semua manfaat ini dikutip dari instagram @info.sehat, salah satu akun instagram yang populer dalam memberikan sebuah tips tips kesehatan bagi pengguna instagram. Berikut ini 7 manfaat yang telah dirangkum :

1. Meningkatkan Serotonin. Merupakan zat kimia dalam tubuh yang berfungsi mengontrol stres, mood, depresi dan kegundahan. Bila anda mengalami stres berkepanjangan, silahkan mencoba terapi ini di bawah terik matahari di pukul 07.00 – 09.00 karena sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan kadar serotonin yang dapat membuat mood anda semakin baik.

2. Tingkatkan Sirkulasi Darah. Perlu diketahui seluruh nutrisi maupun oksigen pasti dijembatani oleh pembuluh darah. Bila pembuluh darah itu menyempit juga mengakibatkan penyumbatan darah yang dapat membuat seseorang mengalami kematian, namun untuk gejala normalnya seperti letih dan lesu karena nutrisinya tidak dapat tersampaikan dengan mudah ke seluruh tubuh. Untuk mengatasi hal ini, biasanya para terapi dan dokter menggunakan pemanas infrared dalam membuka pembuluh darah yang menyempit. Sinar matahari bermanfaat sekali bagi yang sering mengalami penyumbatan pembuluh darah, dan sangat berguna sekali memberikan peluang untuk kesehatan setiap hari dan menghindarkan dari penyakit stroke ataupun jantung.

3. Mencegah kanker kulit jenis melanoma

Manfaat sinar matahari yang pasti di dapat adalah pencegahan dari resiko kanker kulit, mungkin dari sebagian anggapan kanker kulit adalah jenis penyakit yang harus di rawat di rumah sakit namun tahukah penyakit kanker kulit ringan yang sering terjadi?

Salah satu kanker kulit ringan adalah kulit menjadi bersisik, kering dan biasanya mengalami perubahan warna pigmen kulit. Bila anda salah satu seorang yang merawat kulit anda, setidaknya paparkan setiap hari minimal 30 menit saja di pagi hari karena pada saat pagi hari mengandung sinar UV B yang baik untuk kesehatan kulit bahkan memberikan kulit anda senantiasa lembut dan terawat. Inilah tips rahasia mendapatkan kulit cantik dengan sinar matahari.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imun)

Siapa sih yang tidak ingin sehat kuat dan tahan dari penyakit? Sistem imun ternyata bukan hanya di dapat dari makanan atau suplemen saja, ternyata manfaat matahari juga memberikan manfaat perlawanan melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh, terbukti bahwa angka influenza anak – anak dapat diturunkan dengan berjemur di pagi hari selama 30 menit saja.

5. Mengurangi pilek pada bayi

Hmmm, mungkin bagi para ibu sudah mengetahui manfaat ini, namun ada juga yang tidak sadar telah memanfaatkan sinar matahari sebagai tolak penyakit pada bayi. Yups, manfaat sinar matahari memang tidak bisa di elakan bagi siapa saja, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun. Manfaat yang paling utama adalah menjaga kondisi bayi agar tetap sehat, karena pada saat bayi sistem kekebalan tubuh belum sempurna sehingga berkisar 200 jenis virus dapat mudah masuk ke dalam tubuh si kecil. Cobalah untuk mengajak jalan jalan bayi di pagi hari, hal ini akan memberikan manfaat perlindungan bayi seharian penuh dan mengurangi tangisan bayi akibat virus.

6. Membuat Kulit Kencang

Membuat kuling kencang? Ah masak? Bila anda kurang yakin dengan hal ini silahkan tanyakan kepada olahragawan atau seseorang yang menempuh bidang FIK. Manfaat sinar matahari di pagi hari, ternyata dapat membuat tubuh memproduksi kolagen yang cukup banyak. Kolagen ini berfungsi membuat kulit menjadi kenyal, kencang dan halus.

7. Jaga Kesehatan Jantung

Nah mungkin banyak orang yang belum tahu, apa rahasia di balik 1000 langkah di pagi ? mungkin dari informasi yang beredar terkesan seperti mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Yups ini memang tidak salah, namun kenapa dianjurkan di pagi hari? Pasti belum tahu bukan?

Ternyata matahari memiliki sifat sebagai pembangkit kardiovaskular di dalam tubuh manusia, sehingga perjalanan oksigen ataupun darah dapat berjalan dengan lancar dan proses detoks racun tubuh dapat keluar.

Itulah 7 Manfaat Matahari Bagi Kita, mari kita lakukan di pagi hari 30 menit saja dan sehat selalu ditangan anda. Semoga bermanfaat ^.^