Hidrogen Peroksida

Semua orang pasti pernah mengalami luka, entah luka itu berat maupun ringan. Berbagai perawatan luka dijalani, mulai dari membersihkan dengan air, penggunaan zat kimia yang sifatnya mengandung bakteriostatik yang membantu membunuh pertumbuhan mikroorganisme, maupun benda asing yang menempel di area luka.

Proses pembersihan luka memang perlu diperhatikan, cara yang salah dapat mengakibatkan luka menjadi infeksi, penekanan pada luka juga dapat mengakibatkan pendarahan yang serius dan dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan khususnya luka berat.

Pemilihan cairan pencuci luka memang harus diperhatikan, sebab tidak semua pencuci luka itu cocok dengan luka yang dialami, sama halnya dengan memilih obat oral pada umumnya. Beberapa cairan pembersih luka yang dianjurkan dokter seperti natrium hipoklorit, alkohol, dan hidrogen peroksida. Bila salah dalam memilih cairan pembersih luka juga dapat menimbulkan rasa perih yang mendalam dan dapat menyebabkan shock pada pasien.

Salah satu cairan yang sering digunakan adalah hidrogen peroksida, memiliki zat aktif sebagai antimikroba dan anti jamur. Salah satu kelebihan dari hidrogen peroksida adalah dapat membantu untuk menutup pembuluh darah kecil dan kapiler yang bermanfaat pada seseorang yang mengalami pendarahan berat. Selain itu fungsi hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai mengobati bisul, jerawat dan pembasmi kuman seperti gatal – gatal di kulit.

hidrogen-peroksida

 

Bagaimana Cara Kerja Hidrogen Peroksida ?

Hidrogen peroksida membunuh bakteri dengan mengoksidasi dinding sel mereka, ada dua senyawa yang dimiliki peroksida yaitu hidrogen dan oksigen, dimana oksigen sangat bereaksi di dinding sel bakteri dan merusak membran sel bakteri.

Penggunaan hidrogen sangat bermancam – macam, mulai dari berkumur, ditelan dan digunakan untuk membersihkan. Berkumur biasa digunakan oleh dokter untuk memutihkan gigi pada pasien, sedangkan membersihkan luka dapat langsung menyiram atau mengoleskan pada jaringan kulit yang terbuka, namun ada beberapa rekomendasi dokter untuk merendamnya selama 5 menit.

Untuk mengobati bagian yang mengalami infeksi, silahkan gunakan cairan hidrogen peroksida dengan cara merendamnya, dengan waktu 5 hingga 10 menit untuk menyingkirkan bisul, jamur atau infeksi kulit lainnya.

 

Rekomendasi Hidrogen Peroksida

Beli hidrogen peroksida tidak perlu repot, anda cukup menghubungi mitra kami yang telah lama menyediakan berbagai kebutuhan medis. Berikut ini beberapa rekomendasi cairan hidrogen peroksida :


Hidrogen peroksida di apotik memang mudah dicari di kota – kota besar, namun bagi anda yang mengalami kesulitan dalam mencarinya dapat menghubungi kami dan melayani antar barang sesuai dengan tujuan. Silahkan hubungi Customer Service kami melalui chat online, telephone, sms dan Whatsapp karena kami siap melayani anda sepenuh hati.


Tags: ,