Gampang Sakit Di Musim Hujan? Inilah Tips Menjaga Kesehatan Kamu Setiap Hari

Tips menjaga kesehatan di musim hujan - Sehat itu mahal, pasti sudah pernah mendengarnya bukan dan sangat membosankan, namun istilah sehat itu mahal ternyata bisa kita rasakan setelah sakit berat seperti ginjal, paru paru dan sebagainya. Para pasien pasti berangan angan “seandainya saya dahulu mengetahui akibat dari penyakit ini, pasti akan menghindarnya dan semoga bisa cepat sembuh”.

Akhir akhir ini memang cuaca tidak bisa di prediksi, yah mungkin ini bisa di anggap sebagai cuaca yang sedikit aneh, bentar lagi hujan, bentar lagi panas dan berulang ulang tanpa ada yang bisa memprediksinya. Bila anda pengguna android, tentu bisa dilihat di layar biasanya miliknya google kalau tidak yaa miliknya accuweather, masing masing aplikasi yang dicoba tentu tidak akan akurat karena inilah kuasa diatas.


2. Hindari Makan Mie Goreng Kemasanbr>Bagi orang yang suka baper, tentu memberikan keuntungan sendiri karena di kost dan di rumah memikirkan suatu kenangan yang terdahulu, entah ingat orang tuanya, masa kecil, pacar ataupun mantannya, namun bukan berarti orang sejenis ini tidak akan sakit tapi yang benar adalah jarang sakit karena tidak terlalu sering terkena hujan.

Yups, kembali ke topik...



Mengapa Air Hujan Dapat Membuat Tubuh Seseorang Gampang Sakit?

Sebenarnya banyak juga orang yang tidak tahu, kenapa air hujan mudah membuat seseorang sakit, pasti mereka menjawab “kata kebanyakan orang gitu sih...” tapi tahukah alasan yang sebenarnya?

Menurut pendapat dari metadoctor.com hujan mengandung senyawa H2O sebesar 99% dan sisanya adalah senyawa gas asam yang larut di dalamnya. Presentase asam ini memang tergolong kecil, namun hujan yang turun bukanlah satu ember ataupun satu tetes melainkan jutaan tetes lebih yang turun di bawah langit. Bila terkena kepala seseorang terus menerus akan menyebabkan kepala pusing ataupun sakit kepala.

Tidak Terkena Air Hujan, Tapi Kok Masih Sakit ? Inilah Alasannya

Air hujan sebenarnya tidak akan berpengaruh apa apa bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebelum ke tahap lanjut, apa yang anda rasakan sebelum turunnya hujan?

Hayo, pasti jawabannya adalah “dingin”. Rasa dingin merupakan cara virus untuk masuk ke dalam tubuh manusia, karena sifat dingin dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Beberapa virus pada cuaca dingin lebih reaktif bekerja dari pada musim panas, beberapa contoh sederhana saja adalah perkembangbiakan demam berdarah, bila tidak ada air dan suhu dingin “bagaimana demam berdarah dapat berkembangbiak?”.



7 Tips Ini Yang Dapat Membantu Anda Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

Cobalah untuk merubah sedikit pola gaya hidup ini, agar tubuh anda tidak mudah sakit pada musim hujan. Beberapa tips di bawah ini, saya peroleh dari pengalaman dan ilmu dari teman teman yang telah menerapkan gaya hidup sehat di musim hujan, diantaranya :

1. Bilas Segera Rambut Atau Tubuh Yang Terkena Air Hujan

Memang air hujan bukanlah 100% air jernih, terdapat campuran campuran gas senyawa asam dan penyakit, bila anda terkena segera basuh dengan air sabun dan bila terkena di kepala segera bershampo karena hal ini dapat mengurangi resiko sakit. Akibat air hujan di diamkan adalah keesokan harinya anda akan mengalami gejala – gejala sakit seperti pusing, letih dan flu.


2. Hindari Makan Mie Goreng Kemasan

Makan mie di saat hujan turun memang sangat enak, bikin hangat tubuh dan rasanya menemani kita banget. Perlu diketahui, saat hujan adalah dimana tubuh anda melemah, sedangkan mie goreng kemasan yang biasa di masak di rumah adalah racun, terdapat kandungan MSG dan Lilin yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya hindari memakan mie instan, bila anda penggemar mie silahkan memasak sendiri atau membeli bak mie yang di jual di pasar makanan karena dimasak dengan bumbu bumbu yang tidak berbahaya. Beberapa gejala atau penyakit yang menimpa bagi penggemar makan mie instan diantara adalah sariawan tenggorokan, bibir, dan pusing.


3. Mengkonsumsi Buah Naga Untuk Ketahanan

Ah, buah ini sangat mahal? Kata siapa !!. Saat musim hujan adalah masa paling panen dan berbuah lebat. Anda pun dapat menemui penjual buah, saya jamin pasti ada dan harganya pun sangat terjangkau. Harga yang ditawarkan saat musim hujan di area malang adalah Rp 8000/kg bagaimana murah bukan?

Buah naga seakan berbuah di musim hujan seperti layaknya obat atau penangkal, maka tak heran buah ini sangat lebat di musim ini. apa sih keistimewaan buah ini?

Di dalam 100 gram buah naga saja mengandung vitamin C yang kadarnya 90%, rasa manis dan sangat berguna sekali membentengi tubuh dari sakit akibat hujan. Bahkan bila anda mengkonsumsinya setengah dari buah naga, anda dapat bertahan seharian penuh terhadap 100 jenis penyakit di musim hujan. Rp 8000 untuk 4 hari? Masak tidak bisa.


4. Perbanyak Minum Air Putih

Sebenarnya banyak disepelekan hal sederhana ini. Air putih sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh seseorang, benarkah demikian?

Bila anda berkunjung di rumah sakit, pasti sama dokter ataupun perawat memberikan saran untuk meminum air putih. Tahu tidak apa maksud ? air putih sebenarnya melarutkan penyakit dalam tubuh, biasanya keluar bersamaan dengan buang air kecil. Itulah kenapa air sangat bermanfaat mengurangi bakteri pada tubuh, minimal minumlah 8 gelas / setiap hari (bukan di konsumsi secara langsung melainkan bertahap)


5. Istirahat Yang Cukup

Dari beberapa teman kami memang tidak begitu banyak aktivitas luar karena cuacanya sangat buruk, namun bukan berarti tidak ada aktivitas di dalam rumah. Aktivitas di rumah biasanya adalah mengerjakan hal yang bermanfaat seperti tugas, pekerjaan dan sebagainya. Sedangkan di waktu malamnya biasanya digunakan untuk tidur. Usahakan maksimal bergadang di musim hujan ini jam 23:59 malam, jangan melebihinya agar kondisi badan anda tetapi fit di pagi hari.


6. Minum Susu Di Pagi Hari Dan Menjelang Tidur

Kebanyakan susu yang beredar di indonesia adalah perasan dari sapi, mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin A, C, B12, magnesium, kalsium, fosfor dan sebagainya. Konsumsilah secara teratur, bila budget anda minim silahkan membeli susu kaleng yang harganya Rp 9000 rupiah saja, tak mahal bukan? bila anda memilih susu kalengan, disarankan untuk memilih susu yang vanila atau putih karena nutrisinya lebih bagus untuk menjaga kesehatan dan asupan vitamin dalam tubuh.


7. Jangan Telat Makan Dan Konsumsi Makanan Bergizi

Telat makan menyebabkan banyak kendala tubuh, umumnya sakit perut dan pada akhirnya jatuh sakit. Usahakan pula di musim hujan ini, memakan makanan yang bergizi saja seperti nasi, sayuran, tempe, tahu dan sebagainya dari pada memakan makanan mahal yang tidak sehat seperti junk food.