Deteksi Kolesterol Dengan Mudah Di Rumah

Deteksi kolesterol dengan mudah di rumah bukan suatu halangan lagi, kolesterol saat ini sudah dapat di kontrol di manapun. Pada dasarnya kolesterol hanya bisa di deteksi oleh pemeriksaan laboratorium di rumah sakit. Harga yang ditawarkan pun dibilang standar berkisar 65 ribu hingga 120 ribu, yang menjadi permasalahannya adalah “antri”.

deteksi kolesterol dengan mudah

Tidak semua orang memiliki waktu untuk kontrol, hal ini disebabkan oleh banyaknya aktivitas penting dari pada memperhatikan kesehatan fisiknya. Memantau perkembangan kolesterol memang sangat sulit, karena pemeriksaan laboratorium hanya bersifat sementara padahal yang dibutuhkan seseorang adalah memantau perkembangan senyawa lemak dalam tubuh setiap saat.

Beberapa pengaruh yang menyebabkan seseorang mengalami naik turunnya kolesterol diantaranya :

 

1. Makanan

Makanan adalah faktor utama yang menjadi naiknya kadar kolesterol pada tubuh. Sebenarnya kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, sekitar 80 tubuh dapat memproduksinya sendiri, namun sebagian dari makanan. Bila sudah berlebihan dapat mengakibatkan timbulnya kolesterol jahat yang dapat berakibat pada serangan jantung dan stroke.

Berikut ini daftar makanan yang perlu diwaspadai dan dijaga dalam asupannya :

  1. Susu
  2. Jeroan
  3. Otak
  4. Daging sapi, kambing dan babi
  5. Seafood
  6. Makanan yang mengandung mentega seperti donat, kue, dan lain – lain
 

makanan penyebab kolesterol tinggi

2. Olahraga

Semakin seseorang berkeringat juga semakin pula kolesterol di dalam tubuh terbakar dan larut saat urine dikeluarkan. Berbagai macam jenis olahraga diantaranya aerobik, yoga, lari, bersepeda dan 1000 langkah setiap hari. Olahraga juga menyebabkan naik turunnya kadar kolesterol dalam tubuh setiap saat, maka tak heran kita harus bisa memantau perkembangan kolesterol dengan menggunakan alat portable sebagai motivasi diri anda. Salah satunya peralatan adalah alat cek kolesterol digital.

 

olahraga mempermudah penurunan kolesterol

3. Merokok

Merokok memang sepele, pada umumnya zat kimia yang terkandung pada rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol pada manusia. Nikotin merupakan bahan yang diisap ke dalam paru – paru dan dapat berubah menjadi kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh dokter spesialis jantung Auli Sani Sp.Jp(K) bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan metabolisme lemak.

merokok kolesterol tinggi

4. Usia

Semakin bertambahnya usia semakin pula kadar kolesterol semakin naik, pada usia 20 keatas kolesterol sudah mulai menunjukan peningkatan, ditandai dengan mudahnya gemuk setelah beberapa hari makan. Pada saat usia 50 tahun juga semakin pesat, maka dari itu usia termasuk salah satu yang mempengaruhi naik turunnya kadar kolesterol tubuh.

5. Penyakit

Beberapa penyakit memang dapat mempengaruhi peningkatan kolesterol pada tubuh, diantaranya adalah diabetes, hipertensi, liver, ginjal kronis dan kelenjar tiroid. Maka dari itu bila anda memiliki penyakit yang kronis diwajibkan memantau kadar kolesterol tubuh, sehingga dapat dijadikan kewaspadaan dari penyakit jantung dan stroke.

penyakit mendeteksi kolesterol di rumah

6. Faktor Keturunan

Beberapa fakta penelitian sudah menyimpulkan, bahwa orang tua atau kakek/nenek yang memiliki gangguan kolesterol tinggi dapat menurunkan kepada anaknya. Dalam kasus ini anak memiliki resiko lebih tinggi terkena dampak kolesterol dari pada orang pada umumnya, dan akan tampak pada usia 20 tahun keatas.

Maka dari itu, sebagai antisipasi dapat menggunakan alat cek kolesterol portable yang dapat memantau perkembangan anda setiap saat.

faktor keturunan kolesterol

7. Stres

Stres juga dapat memicu kolesterol tinggi, beberapa penilitian telah mengungkapkan bahwa stres ternyata dapat mempengaruhi metabolisme lemak, mengubah cara tubuh mencerna lemak yang salah dan dapat menimbulkan kolesterol jahat. Pola pencernaan yang salah mengakibatkan resiko jantung, pada dasarnya lemak yang dicerna oleh psikis normal adalah lemak jahat bukan lemak baik itulah yang menjadi penyebab koelsterol tinggi.

 

Stress meningkatkan kolesterol

 

Cara Deteksi Kolesterol Dengan Mudah Di Rumah

7 Penyebab diatas merupakan pemicu naik turunnya kolesterol, maka dari itu sebagai antisipasi kita membutuhkan suatu peralatan yang dapat memantau terus perkembangan kolesterol. Silahkan baca selengkapnya mengenai alat cek kolesterol portable ini atau cek alatnya langsung di nesco alat cek kolesterol

 

28