Cara Menyembuhkan Saraf Terjepit Tanpa Operasi

Saraf terjepit merupakan kondisi di mana tubuh akan merasakan ketidaknyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, jika segera diobati akan menyebabkan dampak yang lebih parah lagi. Jika di awal terjepitnya saraf Anda hanya akan merasakan kesemutan, sedikit nyeri, dan mati rasa di beberapa bagian tubuh, itu pun akan segera hilang dengan sendirinya, maka tidak jika sudah parah. Terjadinya kelumpuhan total juga akan mengancam Anda. Oleh karena itu, pada saat munculnya gejala awal dari saraf yang terjepit, segera lakukan penyembuhan. Dalam hal ini, Anda bisa mengatasinya secara mandiri tanpa harus melakukan operasi. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Mengatur Tidur yang Cukup

Pada saat tidur, seluruh sel dalam tubuh justru aktif melakukan perbaikan diri. Beberapa kerusakan sel, termasuk saraf, juga akan diperbaiki secara mandiri oleh berbagai organ dalam tubuh dengan dibantu hormon-hormon yang ada. Sel-sel mati pun akan digantikan dengan sel baru. Dengan begitu, saat bangun tidur di keesokan harinya, tubuh akan terasa segar dan bugar. Namun, jika tidur yang Anda lakukan tidak maksimal, sudah pasti proses penyembuhan organ yang rusak, termasuk terjepitnya saraf, menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, segera atur tidur Anda agar cukup bagi kebutuhan tubuh.

Menggunakan Bidai

Pada saat saraf terjepit, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengistirahatkan saraf tersebut untuk tidak melakukan aktivitas terlebih dahulu. Dengan begitu, saraf tidak akan menjadi lebih parah dan menimbulkan rasa nyeri akibat gerakan tubuh yang lain. Namun, bagaimana Anda mempunyai aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan? Maka, bidai merupakan salah satu solusinya. Dengan alat penahan ini, khusus saraf yang terjepit dapat istirahat, sementara saraf lainnya masih bisa diajak untuk bekerja. Namun begitu, setelah aktivitas Anda selesai, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat.

Melakukan Pemijatan

Pemijatan juga bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mengatasi saraf yang terjepit. Namun, dalam hal ini, dibutuhkan kemampuan tertentu agar tidak terjadi hal yang lebih parah lagi. Oleh karena itu, jika Anda tidak mempunyai keahlian ini, tukang pijat profesional bisa menjadi solusinya. Dengan melakukan pemijatan, maka rasa nyeri yang muncul dapat berkurang. Bahkan, rasa tegang pada saraf juga akan reda berkat pemijatan ini.

Menggunakan Bantal Kesehatan

Bantal kesehatan juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mengalami saraf terjepit. Bahannya yang lembut dan alat elektonik yang dipasang di dalamnya akan memberikan sensasi nyaman di sekitar kepala Anda. Tidak hanya itu, saraf yang terjepit pun akan mengalami pelemasan sehingga rasa nyeri yang ditimbulkannya juga reda. Plusnya lagi, bantal kesehatan ini tidak hanya bisa meredakan rasa nyeri pada saraf terjepit, namun juga bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Menggunakan Minyak Esensial

Rasa hangat yang terkandung dalam minyak esensial sangat cocok untuk menyembuhkan rasa sakit pada bagian saraf yang terjepit. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan minyak zaitun, minyak lavender, cendana, dan sebagainya. Cara ini tergolong mudah dan murah. Cukup dengan mengoleskannya pada bagian yang terasa nyeri, maka rasa tidak nyaman itu akan segera hilang. Jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut agar khasiat dari kandungan minyak tersebut dapat meresap sempurna ke dalam kulit. Penggunaan dua buah minyak juga diperbolehkan untuk mendapatkan dampak yang lebih efektif. Hanya saja, Anda harus mengatur dosisnya agar tidak berlebihan.

Melakukan Terapi Fisik

Bila rasa nyeri akibat saraf terjepit tidak kunjung reda meskipun sudah menggunakan berbagai cara di atas, Anda bisa melakukan terapi fisik. Namun, dalam hal ini Anda membutuhkan seorang tenaga profesional agar terapi yang Anda lakukan tidak salah dan justru membuat saraf Anda semakin parah. Biasanya, instruktur akan memberikan arahan gerakan peregangan yang benar agar tekanan pada saraf terjepit menjadi longgar. Dengan begitu, rasa nyeri yang muncul akibat saraf terjepit dapat reda. Jika gerakan ini memberikan progres yang baik pada kondisi Anda, maka biasanya terapis akan memberi tambahan latihan gerakan untuk Anda coba terapkan sendiri di rumah.



Tags: , , , ,