Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

Stamina merupakan hal penting dalam diri seseorang yang harus dijaga agar bisa maksimal dalam mengerjakan segala sesuatunya. Tanpa adanya stamina, Anda tidak akan dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan optimal. Nah, agar stamina tubuh selalu dalam kondisi prima, sudah pasti harus ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut ini cara menjaga stamina tetap prima, bahkan meningkatkannya.

Meningkatkan Stamina dengan Asupan Sehat

Cara pertama yang harus dilakukan agar stamina tubuh tetap terjaga adalah dengan memenuhi kecukupan nutrisi di dalam tubuh. Asupan nutrisi ini bisa Anda peroleh dari makanan bervitamin tinggi serta minuman menyehatkan. Contoh asupan sehat antara lain sayuran, makanan kaya protein, buah-buahan, air putih, susu, dan sebagainya. Tidak hanya itu, porsi konsumsi pun juga harus diperhatikan agar tidak terlalu berlebihan ataupun kekurangan. Sebab, tidak hanya kekurangan, kelebihan nutrisi juga akan membuat tubuh tidak fit. Berikut ini tips mengonsumsi makanan dan minuman sehat :

  • Konsumsi makanan sehat dalam porsi kecil namun sering di sepanjang hari. Hindari dalam satu hari makan satu atau dua kali namun dalam jumlah besar.
  • Konsumsi camilan yang berasal dari sayuran, buah, atau kacang-kacangan di sela waktu makan. Ini akan membantu pemenuhan kembali nutrisi tubuh dalam jumlah terbatas.
  • Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.
  • Bagi Anda yang mempunyai aktivitas tinggi, konsumsi minuman beraroma dan mengandung elektrolit. Dengan begitu, elektrolit tubuh yang hilang akibat beraktivitas dapat segera tergantikan.
  • Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Meskipun minuman tersebut termasuk minuman penambah energi, namun itu hanya berlangsung dalam jangka pendek. Dalam jangka panjangnya justru akan melemahkan stamina Anda.

Meningkatkan Stamina dengan Kegiatan Fisik

Selain membangun stamina dari dalam tubuh dengan asupan bernutrisi, Anda juga harus menjaga stamina dari luar dengan melakukan berbagai latihan fisik, seperti lari, senam, menari, dan sebagainya. Memang, latihan fisik ini akan banyak menguras tenaga dan energi Anda. Namun, dalam jangka panjang tubuh Anda akan terjaga baik kesehatan maupun staminanya. Agar dalam melakukan aktivitas fisik ini Anda tidak merasa terpaksa, pilihlah aktivitas yang Anda sukai dan dilakukan dengan banyak teman. Lakukan beberapa eksperimen, kemudian pilihlah yang paling nyaman Anda lakukan. Setelah itu, ajaklah teman atau keluarga untuk melakukannya bersama-sama. Namun, bagaimana jika Anda tidak mempunyai waktu untuk berolahraga? Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menjalani kehidupan dengan lebih aktif. Saat bekerja, usahakan untuk bergerak aktif sebagai ganti olahraga. Hindari untuk duduk terlalu lama. Jika ruangan Anda di lantai atas, silakan menggunakan tangga manual agar otot kaki dan semua tubuh selalu aktif.

Meningkatkan Stamina dengan Istirahat yang Berkualitas

Selain dua cara di atas, yang juga penting Anda lakukan untuk menjaga stamina tubuh adalah beristirahat yang cukup. Tidak hanya cukup, istirahat yang berkualitas juga perlu Anda terapkan. Dalam satu hari, usahakan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam. Hindari begadang dalam waktu lama. Sebab, tubuh yang kurang istirahat, staminanya akan menurun. Hilangkan sejenak semua permasalahan yang sedang Anda hadapi saat akan tidur. Tidurlah dengan hati tenang. Seperti diketahui, pada saat tidur, semua sel dalam tubuh justru menjadi aktif. Dalam kondisi tenang, sel-sel mati yang ada dalam tubuh digantikan dengan sel-sel baru secara optimal. Tak heran, seseorang yang bangun tidur akan merasakan kesegaran karena keberadaan sel-sel baru tersebut. Jika waktu tidur tidak tercukupi, sel baru yang terbentuk juga tidak akan maksimal. Ini artinya, di dalam tubuh masih banyak sel mati yang belum tergantikan. Sel-sel mati inilah yang membuat stamina tubuh menjadi menurun. Baca juga bahaya kurang tidur untuk kesehatan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga stamina. Cara tersebut tidak hanya untuk kawula muda, namun juga orang yang sudah menginjak kepala empat. Dengan melakukan ketiga cara di atas, usia tidak akan mengurangi aktivitas harian Anda. Setiap hari Anda akan selalu tampil prima dengan stamina penuh.



Tags: ,