Cara Meningkatkan Semangat Kerja

Bagi Anda para pekerja, pasti pernah mengalami rasa jenuh dan malas untuk bekerja. Hal ini sebenarnya wajar dialami oleh siapa pun. Terlebih jika Anda bekerja di lingkungan yang sama dalam waktu lama dengan pekerjaan yang monoton. Rasa jenuh ini kemudian berimbas pada turunnya semangat untuk kerja. Jika tidak segera diatasi, sudah pasti akan berakibat fatal bagi produktivitas Anda. Jika Anda seorang karyawan, maka kemungkinan mendapatkan teguran atau bahkan surat peringatan dan PHK dari atasan akan semakin besar. Jika Anda seorang owner perusahaan, rasa jenuh juga akan berakibat pada mundurnya bisnis Anda. Nah, untuk mengatasi agar rasa jenuh ini tidak bertambah parah hingga membuat pekerjaan Anda berantakan, berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan.

Teruslah Menjadi Orang yang Kreatif

Salah satu cara paling ampuh agar selalu mempunyai semangat kerja kerja adalah dengan selalu menjadi orang yang kreatif. Orang kreatif akan membuat seseorang berusaha membuat hal baru yang dapat membuatnya tidak bosan. Terobosan-terobosan baru juga sering dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Selain tidak mudah jenuh, orang kreatif juga akan mampu untuk meningkatkan kinerjanya sendiri. Namun begitu, kreatif bukan hanya melulu pada penciptaan hasil kerja, namun juga sisi lain di dunia kerja, seperti :
  • Selalu mengatur meja kerja dengan rapi dan dalam posisi yang dinamis, tidak monoton.
  • Menulis catatan harian dengan spidol warna-warni agar pikiran tidak mudah jenuh.
  • Membuat motto, hiasan, foto, atau tulisan penyemangat, kemudian menempelkannya di dinding.
  • Membuat perpustakaan kecil baik di rumah maupun kantor untuk menambah wawasan.
  • Menjadi orang yang selalu terbuka, sehingga setiap masukan yang datang dapat dijadikan sebagai penyemangat sekaligus sumber munculnya ide-ide baru yang pastinya lebih fresh.
  • Rendah hati dan selalu berpikiran positif.
  • Bergaul dengan banyak orang untuk mendapatkan pengalaman yang baru.
  • Jangan takut berbuat salah karena terkadang ide baru muncul dari sebuah kesalahan.

Mengingat Kembali Tujuan Utama Bekerja

Setiap orang pasti mempunyai tujuan saat memutuskan untuk bekerja, mulai dari menghidupi keluarga, bisa hidup berkecukupan, hingga menyenangkan orang tua. Tujuan utama inilah yang akan menjadi target pencapaian yang harus Anda capai. Dengan mengingat tujuan utama saat Anda pertama kali bekerja, maka rasa jenuh akan segera menyingkir. Semangat untuk mencapai tujuan utama tersebut akan bangkit kembali. Akhirnya, Anda akan merasa sayang jika harus diam dan bergelut dengan rasa jenuh. Sebab, itu artinya tujuan utama Anda terancam mengalami kegagalan.

Membuat Suasana Kerja Menjadi Menyenangkan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan semangat kerja lagi adalah dengan membuat suasana kerja yang menyenangkan. Suasana kerja yang menyenangkan ini bisa Anda ciptakan misalnya dengan menyetel lagu-lagu kesayangan saat bekerja. Namun, dalam hal ini Anda harus melihat kondisi sekitar. Jangan sampai lagu-lagu yang Anda setel dapat mengganggu kinerja orang lain. Selain itu, tingkatkan hubungan baik dengan sesama kerja. Sesekali lakukan kelakar agar pikiran tidak tegang. Selain akan membuat pikiran Anda fresh, orang lain juga akan senang mendengarnya.

Menyisihkan Waktu untuk Berlibur

Bagaimana pun juga, bekerja akan membuat pikiran Anda terkuras dan dalam kondisi tegang. Jika tidak dilakukan pelemasan, maka Anda akan mudah terserang stres. Jika stres ini terus berlanjut maka akan mempengaruhi setiap keputusan yang Anda ambil. Nah, untuk merefreshkan pikiran kembali, luangkan waktu beberapa saat untuk berlibur, baik sendiri maupun bersama keluarga. Kunjungi tempat-tempat yang bisa membuat pikiran Anda segar kembali.

Mempunyai Waktu Tidur yang Berkualitas

Selain secara psikologi, semangat kerja juga ditentukan dari kondisi tubuh yang prima. Pastikan tubuh Anda selalu dalam kondisi segar saat memulai pekerjaan. Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mencukupi kebutuhan tubuh dengan tidur berkualitas. Sebab, pada saat tidur, semua sel mati dalam tubuh akan tergantikan dengan sel baru. Sel baru inilah yang akan membuat Anda lebih segar dan bersemangat untuk bekerja saat bangun kembali. Dalam sehari, usahakan untuk tidur tidak kurang dari enam jam. Hindari terlalu sering begadang, karena karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat bekerja. Baca juga bahaya kurang tidur bagi kesehatan.


Tags: ,