Cara Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia)

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sangat menyiksa penderitanya. Meskipun rasa kantuk sudah mendera, namun mata tidak bisa diajak kompromi. Tidak hanya menyiksa penderitanya, tubuh pun akan kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidak hanya waktu tidur yang kurang, siklus tidur pun menjadi tidak beraturan. Tak heran jika penderita insomnia sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia ini?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Mengonsumsi Obat Tidur

Ini merupakan langkah antisipasi yang paling mudah dan cepat. Saat ini, sudah banyak beredar obat yang bisa membantu Anda dalam mengatasi insomnia. Namun, meskipun cukup mudah dan memberikan efek cepat, penggunaan obat tidur bisa memberikan efek samping yang berbahaya. Terlebih jika dikonsumsi dalam waktu lama. Selain membuat Anda ketergantungan pada obat ini, beberapa penyakit bisa mengancam tubuh Anda dalam jangka panjang.

Memilih Dekorasi Kamar yang Tepat

Dekorasi kamar, seperti lampu maupun warna dinding, ternyata sangat berpengaruh pada kenyamanan seseorang saat sedang tidur. Pada umumnya, orang cenderung merasakan tidur dengan nyaman jika lampu kamar dimatikan. Namun, bagi Anda yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap, disarankan menggunakan lampu redup dengan warna kalem seperti krem. Untuk warna dinding, sesuaikan dengan selera Anda. Warna biru dan hijau pada umumnya menjadi pilihan tepat karena kedua warna ini bersifat menenangkan, rileksasi, damai, dan penuh harapan.

Memilih Kasur yang Sesuai

Pada saat tubuh direbahkan, kasur menjadi tumpuan utama bagi tubuh. Ini artinya, kasur menjadi salah satu faktor penentu kualitas dari tidur Anda. Semakin nyaman kasur yang Anda pilih, semakin nyaman Anda menikmati tidur Anda. Hanya saja, dalam hal ini, kenyamanan seseorang berbeda dengan tingkat kenyamanan orang lain. Oleh karena itu, pilihlah kasur yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

Menggunakan Bantal Kesehatan

Selain kasur, bantal juga sangat menentukan kualitas tidur Anda. Bantal yang keras hanya akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman. Bahkan, terkadang bisa membuat leher menjadi kaku dan tegang. Oleh karena itu, gunakan bantal kesehatan untuk menopang kepala Anda. Tidak hanya lembut, bantal kesehatan ini juga dipasang elektronik yang dapat membuat kepala Anda merasakan sensasi rileksasi. Sehingga, tidak hanya kualitas tidur, berbagai penyakit juga bisa Anda hindarkan dengan menggunakan bantal kesehatan ini.

Memindahkan Jam

Jam memang sangat penting untuk mengingatkan Anda akan waktu. Bahkan, banyak orang yang menggunakan jam ini sebagai alarm. Sebenarnya, hal ini tidak masalah bagi Anda yang susah untuk bangun pada waktu tepat. Hanya saja, keberadaan jam ini justru dapat membuat tidur Anda terganggu, terlebih bagi penderita insomnia. Detak jam di malam hari membuat Anda tetap terjaga. Hal inilah yang perlu Anda hindarkan. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan jam di luar kamar tidur agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Menyingkirkan Alat Elektronik

Televisi dan komputer memang dapat membuat Anda merasakan nyaman saat menikmatinya jika diletakkan di dalam kamar. Namun, dua alat elektronik ini juga akan membuat Anda mudah tergoda untuk melupakan jadwal tidur Anda. Bagi Anda yang menderita insomnia, kedua alat ini akan semakin memperparah kondisi gangguan tidur Anda tersebut. Oleh karena itu, singkarkan keduanya dari kamar tidur. Tidak hanya itu, gadget juga jangan diletakkan di dalam kamar karena saat ada pesan masuk, suaranya akan mengganggu jam tidur Anda.

Jaga Kerapian Kamar

Kamar yang rapi akan membuat Anda betah tidur di dalamnya. Hal ini berbanding terbalik dengan kamar yang berantakan. Saat kamar tidur tidak rapi, meskipun mengantuk, Anda akan malas untuk merebahkan badan di dalamnya. Oleh karena itu, jaga selalu kerapian dan kebersihan kamar tidur Anda.

Hindari Konsumsi Kafein

Kafein mempunyai peran sangat penting dalam membuat Anda susah tidur. Oleh karena itu, menghindari mengonsumsinya merupakan langkah tepat jika Anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, jika Anda pecandu kopi, sebaiknya konsumsilah lima jam sebelum Anda tidur malam, hingga efeknya sudah memudar. Baca juga tips tidur nyenyak berkualitas.



Tags: ,