Bahaya Kurang Tidur untuk Kesehatan

Tidur merupakan cara paling ampuh dan efektif untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi bugar. Tidak hanya itu, kesehatan tubuh juga lebih terjaga dengan dipenuhinya waktu istirahat. Dengan kata lain, tidur mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kebutuhan akan tidur ini bisa diibaratkan setara dengan kebutuhan tubuh akan bernapas dan makan makanan bergizi. Dalam satu hari, kebutuhan waktu tidur setiap orang tidak sama. Hanya saja, rata-rata orang dewasa memerlukan waktu delapan jam untuk tidur berkualitas. Lalu, bagaimana waktu istirahat tersebut tidak tercukupi? Berikut ini beberapa bahaya yang mengancam kesehatan akibat kurang tidur.

Rentan Terserang Penyakit Serius

Selain mengganti sel-sel mati dengan yang baru, dalam kondisi tidur di dalam tubuh terjadi perbaikan-perbaikan pembuluh darah dan jantung. Sehingga, kesehatan jantung dan organ dalam lainnya akan terjaga. Bagi Anda yang sedang menderita suatu penyakit, tubuh akan melakukan penyembuhan secara mandiri pada saat tidur. Itulah mengapa orang yang sedang sakit sangat disarankan untuk beristirahat yang cukup. Kurangnya waktu istirahat membuat seseorang menjadi rentan terserang berbagai penyakit serius, seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, diabetes, bahkan tekanan darah tinggi. Berdasarkan sebuah penelitian, dari 10 orang penderita insomnia, 9 di antaranya menderita berbagai penyakit serius.

Mudah Sakit dan Susah Sembuh

Seperti dijelaskan di atas, pada saat tidur, sistem imun di dalam tubuh akan terbentuk secara sempurna. Dengan kata lain, jika kebutuhan tidur berkurang, maka sistem imun tubuh menjadi tidak optimal. Tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu, pada saat sistem imun dalam tubuh rendah, maka tubuh akan kesulitan untuk melakukan penyembuhan. Kinerja sel dalam memerani infeksi dan penyakit lainnya menjadi melemah. Berbagai obat yang diberikan akan memberikan dampak yang lama dalam pemyembuhan. Sebab, sistem imun di dalam tubuh tidak bisa membantu banyak dalam proses penyembuhan ini. Dengan kata lain, orang yang kurang tidur akan sulit sembuh jika terserang suatu penyakit.

Menurunkan Gairah Seks

Rasa kantuk dan lelah akibat kurang tidur menyebabkan gairah seks seseorang akan menurun. Terlebih jika hal ini diperparah dengan adanya stres. Stres akan mengganggu pikiran seseorang. Apa pun tidak akan nyaman dilakukan, termasuk berhubungan seksual. Untuk kaum pria, bahkan kurang istirahat akan menyebabkan adanya gangguan pernapasaan pada saat tidur. Hal ini juga yang membuatnya maupun pasangan menjadi malas untuk melakukan hubungan intim. Hal ini jelas akan membuat ikatan batin Anda dengan pasangan menjadi terganggu.

Menurunkan Daya Ingat

Perlu Anda ketahui, pada saat tidur, semua hal yang Anda pelajari saat terjaga akan masuk ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Seluruh koneksi saraf di dalam tubuh, terutama otak, akan bekerja dan mendukung penguatan ingatan seseorang. Ini artinya, jika kebutuhan akan tidur ini kurang, maka konsolidasi sistem saraf ini menjadi terganggu. Dengan kata lain, daya ingat seseorang juga akan mengalami gangguan. Tidak hanya itu, pada saat kurang tidur, seseorang akan mudah untuk mengantuk. Padahal, mengantuk merupakan salah satu penyebab hilangnya ingatan dan konsentrasi seseorang. Jika hal ini terus berlanjut, sudah bisa dipastikan jika seseorang tersebut akan mudah untuk lupa.

Mempercepat Penuaan Dini

Tidak hanya penyakit, kurang tidur juga akan menyebabkan seseorang akan tampak lebih tua atau mengalami penuaan dini. Coba Anda perhatikan, pada saat seseorang kurang tidur, mata akan tampak bengkak dan kulit wajah pucat, bukan? Nah, jika hal ini terjadi secara terus-menerus, kulit akan tampak lebih kusam. Gurat-gurat halus pun akan muncul, begitu juga lingkaran hitam di bawah mata. Di dalam tubuh sendiri, hormon kortisol akan berproduksi secara berlebihan. Hormon inilah yang akan menghancurkan protein di dalam tubuh. Padahal, protein inilah yang mempunyai peran penting dalam menghaluskan kulit serta membuat kulit menjadi elastis.

Banyak sekali dampak negatif yang bisa muncul karena kurangnya waktu tidur. Oleh karena itu, pastikan tubuh mendapatkan kecukupan waktu tidur setiap harinya. Jangan biarkan tubuh Anda digerogoti berbagai penyakit berbahaya hanya karena kurang tidur. Baca juga cara mengatasi insomnia.


Tags: ,