Alat Nebulizer

Alat Nebulizer merupakan sebuah alat medis yang digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami gangguan pernafasan, karena nebulizer lebih efektif dari pada obat oral. Peran alat nebulizer sangat penting, karena tidak selama pasien dapat bertahan dalam kondisi sesak nafas dalam menjalani pengobatan.

Fungsi utama dari alat nebulizer adalah mengubah dari obat yang berbentuk cair menjadi bentuk partikel aerosol (uap) dan penggunaan partikel aerosol hanya cukup dihirup oleh pasien sehingga bermanfaat menolong pasien dalam keadaan asma, batuk, pilek dan gangguan pernafasan lainnya. Manfaat lain dari nebulizer adalah mampu mengeluarkan dahak secara langsung dan pasien dapat sembuh dari gangguan pernafasan berkisar 25 menit.

Penggunaan alat nebulizer bukan hanya untuk yang dewasa saja, melainkan nebulizer juga sangat menolong bagi si kecil. Pada umumnya bayi rentan merengek dan terkena pilek setelah itu bayi akan menangis karane sesak nafas, dengan nebulizer yang diberikan pada bayi akan membantu mengeluarkan dahak secara optimal.

Alat Nebulizer

Alat nebulizer portable adalah alat nebulizer yang saat ini sering digunakan, dan dapat di pakai dimana pun, dengan menggunakan tenaga baterai, dan ada pula yang beberapa alat nebulizer yang menggunakan listrik. Beberapa rekomendasi dari mitra kami :


Bahan Yang Perlu Di Persiapkan Sebelum Menggunakan Nebulizer :

  1. Obat. Bila anda memiliki nebulizer sendiri di rumah, silahkan untuk meminta resep ke dokter spesialis penyakit dalam, atau dokter spesialis paru. Simpanlah catatan resep tersebut, karena sewaktu – waktu dapat digunakan kembali.
  2. Tuangkan Obat Di Nebulizer Cup. Masukan obat kedalam cangkir pada alat nebulizer
  3. Pasang corong mulut.



Cara Penggunaan Alat Nebulizer

  1. Pastikan semua peralatan terpasang dengan benar, mulai dari corong , nebulizer cup, dan kompresor (mesin nebulizer).
  2. Letakkan corong ke mulut
  3. Nyalakan nebulizer
  4. Bernafaslah dengan mulut, agar obat dapat merasuk ke saluran tenggorokan. Gunakan obat sampai habis berkisar antara 5 – 10 menit



Cara Perawatan Alat Nebulizer

  1. Setelah pemakaian silahakn cuci nebulizer cup (wadah obat) dan masker dengan air lalu keringkan
  2. Simpan di tempat yang tidak berdebu, agar penggunaan tidak menimbulkan iritasi



Efek Samping Alat Nebulizer

efek nebulizer biasanya tidak menimbulkan efek samping yang besar, namun dalam penggunaan yang kerap tiap hari akan menimbulkan iritasi tenggorokan. Penggunaan alat nebulizer untuk asma juga perlu diperhatikan, setidaknya anda perlu memperhatikan lingkungan juga seperti debu, elergi makanan, cokelat, bulu dan sebagainya, karena pengobatan dengan nebulizer juga membutuhkan pencegahan, agar tidak mudah kambuh kembali.


Bila anda membutuhkan bantuan kami, silahkan hubungi Customer Service Mitra Kesehatan, GRATIS, anda juga dapat menanyakan produk alat nebulizer selain diatas, panduan dan produk nebulizer yang berkualitas sesuai kebutuhan anda.


Tags: , , ,