Alat Bekam

Alat bekam merupakan alat terapi non medis berbentuk seperti mangkok yang dapat menyedot udara dari permukaan kulit. Metode pengobatan yang dilakukan dengan cara menyedot darah yang mengandung racun (toksin) dengan membuat titik luaka pada kulit, agar darah dapat keluar.

alat bekam

Metode bekam merupakan metode yang sudah ada sejak jaman yunani, dan terus berkembang hingga jaman sekarang. Berbagai macam alat yang digunakan untuk melakukan bekam, mulai dari lintah yang ditempelkan ke titik tubuh tertentu sehingga menghisap darah dan terdapat juga bagian tubuh titik tertentu yang dililit tali dilanjutkan dengan sayatan menggunakan silet.

Meski dalam pengobatan bekam tersebut mengalami banyak jumlah darah yang keluar, pasien tidak mengalami pingsan atau kesakitan. Beberapa manfaat yang di dapat dari metode bekam tersebut, diantaranya :

  1. Menurunkan kadar kolesterol, dari hasil studi BMC Medicine menjelaskan bahwa seseorang yang mendonorkan darahnya setiap 6 bulan sekali akan terhindar dari serangan jantung dan stroke. Metode bekam pada umumnya adalah mengeluarkan darah sehingga toksin, dan lemak dapat keluar dalam cairan tanpa operasi.

  2. Memproduksi darah baru, hal ini terjadi secara alamiah pada kaum wanita melalui menstruasi, namun pada pria percaya bahwa darah yang keluarnya melalui bekam dapat meningkatkan reproduksi darah baru yang sehat.

  3. Mengobati masuk angin, sakit kepala dan nyeri otot dapat dilakukan dengan bekam kering atau bekam yang ditempelkan pada bagian tubuh dan ditarik sehingga mangkuk sepenuhnya akan terisi gas berbentuk uap. Hal ini juga berguna bagi seseorang yang memiliki tingkat angin terlalu tinggi di dalam tubuh.

  4. Bekam dikepala dapat menurunkan dan mengobati migrain berat

  5. Bekam di pinggul kiri dan kanan dapat melakukan perbaikan syarat pada ginjal, usus dan pangkreas.

  6. Bekam di kaki dan di ujung kaki dapat memperlancar peredaran darah

  7. Bekam di leher dapat memperbaiki sisi urat leher.



Rekomendasi Alat Bekam Terbaik

Untuk memilih alat bekam yang bagus harus memperhatikan fungsinya, apakah digunakan untuk praktek atau diri anda sendiri. Berbagai harga alat bekam yang ditawarkan di pasaran, namun kami hanya menyarankan produk yang terbaik saja. Berikut ini rekomendasi dari mitra kami :




Penyakit Yang Paling Mudah Disembuhkan Dengan Alat Bekam

Salah satu penyakit yang mudah dihilangkan saat proses bekam adalah migrain. Penyakit yang satu ini pasti pernah dijumpai oleh manusia, rasa sakit kepala sebelah menyebabkan seluruh badan sangat tersiksa dan beberapa diantaranya menimbulkan gejala lain seperti perut mual dan ingin muntah.

Migrain sangat berbeda dengan sakit kepala pada umumnya, migrain lebih disebabkan oleh tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dan sinusitis. Jika dilihat dari segi umur, migrain kerap menjakiti usia 40 tahun keatas, sehingga orang yang sudah terkena migrain setiap saat akan muncul kembali.

Tidak sedikit orang mengalami migran, ternyata migran merupakan bawaan yang sangat terjadi di usia tua nanti. Mengkonsumsi obat merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa migran, namun tidak akan mengobati migran yang tergolong kronis. Migran kronis terdiagnosa sebagai serangan awal sebelum penyakit buruk menimpanya, setidaknya ada beberapa ciri yang perlu diketahui yaitu :

  1. Berkisar 15 hari mengalami sakit kepala dalam satu bulan

  2. Nyeri berlangsung 24 jam

  3. Obat seperti Paracetamol hanya bisa bertahan tidak lebih dari 5 jam.



Titik Titik Bekam Dan Manfaatnya

Sebenarnya pengobatan bekam memiliki 350 titik, namun dalam prateknya kesemua titik tersebut tidak digunakan. Beberapa titik yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit yaitu leher, kepala, pinggang, dada dan kaki.

A. Titik Bekam Di Kepala

Titik bekam dikepala sering biasa disebut sebagai Ummu Munghits yang memiliki arti bahwa ketika melakukan pembekaman di kepala ada 100 penyakit yang keluar. Beberapa manfaaat dari terapi bekam di kepala, diantaranya :

  1. Mengobati Migran

  2. Menyembuhkan stroke

  3. Mencerdaskan otak

  4. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

  5. Menyegarkan beban pikiran

  6. Mengobati permasalahan hidung, mata dan telinga

  7. Mengobati ngilu gigi

  8. Menyembuhkan parkinson

titik-bekam-di-kepala

B. Titik Bekam Di Leher

Titik bekam pada leher memiliki manfaat untuk mengobati penyakit di dekatnya seperti di kepala dan di rongga mulut. Berikut ini manfaat membekam di titik leher :

  1. Mengobati denging hidung dan gangguan pendengaran lainnya

  2. Menyerap bakteri gigi seperti kista

  3. Mengobati infeksi bakteri di saluran pernafasan, biasanya terjadi oleh perokok dan pengonsumsi minuman keras

titik-bekam-di-leher

C. Titik Bekam Di Pinggang

Pinggang merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering terjadi salah saraf, nyeri dan radang otot. Beberapa pasien mengatakan telah menderita sakit pinggang hingga puluhan tahun yang disebabkan beraneka ragam, mulai dari cincin anulus yang terjepit, angkat beban terlalu berlebih dan sering membungkuk. Berikut ini manfaat dari titik terapi bekam di pinggang :

  1. Mengobati sulit tidur karena sakit pinggang

  2. Mengobati nyeri pinggang kronis akibat syaraf terjepit

  3. Sering mengalami demam dan masuk angin, hal ini ternyata bisa diakibatkan sistem tubuh terganggu salah satunya adalah cincin anulus bocor (salah saraf)

  4. Kesemutan

pinggang-dan-pundak

D. Titik Bekam Di Dada

Kasus penyakit di dada sangat beraneka ragam, biasanya tidak hanya terjadi karena infeksi asap rokok saja dan banyak kejadian yang disebabkan oleh bermancam macam seperti keturunan, bronkitis, asma, paru paru dan sebagainya. Bekam di dada sangat bermanfaat sekali, bahkan di anjurkan oleh dunia medis karena beberapa pengobatan oral tidak dapat mengeluarkan racun yang mengendap di dalam darah, maka cara efektif adalah membekamnya. Berikut ini manfaat dari titik bekam di dada :

  1. Mengobati penyakit jantung

  2. Mengobati batuk

  3. Mengobati sesak nafas dan asma

  4. Mengobati penyakit paru paru

titik-bekam-di-dada

E. Titik Bekam Di Kaki

Bekam di kaki juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit, salah satunya adalah asam urat ringan hingga kronis. Perlu diketahui bahwa suatu aliran darah dalam tubuh pasti akan mengalir dari kaki hingga otak, bila dalam kasus tertentu kaki mengalami pegal linu menandakan bahwa terdapat toksin / racun yang mengendap. Untuk mengeluarkan racun tersebut, salah satunya adalah dengan cara bekam.

titik-bekam-di-kaki



Pengakuan Pengobatan Bekam Di Dunia Medis


Seni pengobatan tersebut telah disepakati oleh para terapi tabib dan ABI (Asosiasi Bekam Indonesia) bahwa peran pengobatan tradisional bekam memberikan potensi kesembuhan. Pengobatan bekam juga mendapat respon yang sangat luar biasa, baik di kalangan praktisi dan dimasyarakat, serta lebih dari 27 orang medis juga memberikan dukungan kepada ABI.

Profesor Dr. Dede Kusmana sebagai penasehat ABI mengatakan bahwa penyakit mematikan nomer 1 di indonesia yaitu jantung telah memakan jumlah korban yang sudah banyak. Penyakit ini memang banyak di jumpai oleh para perokok, dan penyakit kronis ini juga tergolong sangat sulit di tangani oleh dunia medis sekalipun, maka dengan terapi bekam ini dapat mengurangi resiko kematian sebelum bertambah parahnya penyakit jantung. Pembekaman ini bertujuan mengeluarkan toksin (racun) yang mengumpal dalam tubuh baik dari asap rokok dan sel sel rusak serta memberikan reaksi dalam tubuh untuk memproduksi darah baru sehingga memberikan kekebalan tubuh pada seseorang.



Apakah Menggunakan Alat Bekam Sangat Sulit?

Menggunakan alat bekam sangatlah mudah dan tidak rumit, mungkin sebagian banyak orang menganggap bahwa menggunakan alat bekam diperlukan pelatihan berbulan bulan, hal ini tidaklah salah, menurut H. Galih Gumelar “boleh saja otodidak namun harus terus belajar”. Dalam belajar membekam hal yang harus diperhatikan adalah “bagaimana menentukan titik titik aliran darah itu mengalir” sehingga darah yang keluar adalah darah yang mengandung bakteri ataupun toksin.

Untuk saat ini peralatan bekam seperti sammora telah memberikan buku panduan untuk belajar membekam secara lengkap. Beberapa titik pun telah di ungkap dalam satu paket pembeliat alat bekam

Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan bekam :

1. Mendata Pasien Dan Melakukan Anamnesis

Melakukan pendataan merupakan langkah awal sebelum melakukan pembekaman. Data yang perlu di catat hampir sama dengan pendataan di rumah sakit yaitu meliputi : (1) identitas pasien (nama, alamat, umur, jenis kelamin dan status perkawinan) , (2) identitas keluarga : kedudukan keluarga, alamat, pekerjaan dan riwayat penyakitnya.

Setelah melakukan pendataan, lakukan anamnesis (wawancara) mengenai keluhannya, hal yang ditanyakan haruslah cukup menguatkan titik mana yang nantinya dibekam. Contoh cara anamnesis pada pasien yang sakit kepala, yakni “apakah sakit kepala ini disertai dengan kaku di bagian leher, penglihatan menjadi kabur dan sebagainya?”, “Sebelumnya mengkonsumsi obat apa?”, “apakah sebelumnya sakit kepala, pernah terbentur ataupun jatuh?” dan seterusnya.

Bila anamsesis sudah dilakukan, maka data pasien yang telah direkap di gabungkan dengan keluhan yang tadi sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang kuat.

2. Melakukan Pemeriksaan dan Diagnosa Lanjut

Pemeriksaan yang dilakukan cukup sederhana yaitu meliputi tempratur, tensi, lidah, bola mata, warna kulit, air seni dan sebagainya. Sentuh bagian keluhan yang sakit, dan bagian bagian lain yang memiliki kecenderungan melebarnya penyakit. Setelah diagnosa cukup kuat maka dilanjutkan dimana titik bekam aka dilakukan.

3. Menentukan Titik Bekam

Untuk menentukan titik titik bekam, anda harus membaca sebuah refrensi dari buku ataupun internet. Sebenarnya titik titik bekam hampir mirip dengan yang dilakukan oleh akupuntur, dalam bekam terdapat 12 titik penting yang dipratekan diantaranya : (1) kepala : Ummu Mughits, Qomahduwah, Yafukh, Hammah, dzuqn, udzun, (2) kaki : Wirk, Fakhd, Zhohrul qodam, iltiwa’ (3) Punggung : Kaahil, al-akhda’in, alkatifain, naqroh, munkib.

Beberapa titik bekam yang dilarang diantaranya seperti limfa, dubur, terlalu dekat mata, ulu hati, pusar perut dan sebagainya juga harus anda pelajari.

4. Mempersiapkan Peralatan

Peralatan yang digunakan untuk membekam sebaiknya steril agar tidak menularkan penyakit dari pasien ke pasien lainnya. Untuk mensterilkan gunakan rendaman alkohol agar tidak merusak alat bekam. Beberapa peralatan yang harus dipersiapkan diantaranya kop, kursi, pisau bedah, skapel, sarung tangan, klem, kain bersih dan sebagainya.



Bekam Untuk Usaha

Membuka klinik bekam memang sangat menguntungkan, berbagai tarif Rp 40.000 hingga Rp 50.000 perorang, karena pada saat ini klinik bekam sangat sulit ditemukan di berbagai kota besar dan sangat cocok digunakan untuk peluang bisnis jangka panjang sebagai pengobatan tradisional.

Untuk membuka klinik bekam sangat diperlukan keiklasan dan kesabaran dalam meraup pengunjung. Salah satunya adalah dengan membuka klinik pengobatan gratis ataupun seiklasnya sehingga dapat dikenal oleh masyarakat. Pembedayaan promosi melewati akun sosial, website hingga koran sangat dianjurkan, agar dapat menarik peminat di daerah luar kota.

team-bekam



Apakah Keistimewaan Alat Bekam Kami ?

Bagi kalangan terapis akan mengetahui kualitas alat bekamnya selang 1 bulan, beberapa diantaranya mengalami kerusakan seperti penghisapnya patah, bocor pada katupnya dan sebagian lagi barangnya tiruan atau palsu. Di mitra kami, hal itu tidak akan terjadi karena produk yang kami jual adalah produk 100% asli yang diimport dari pabriknya, anda juga dapat komplain mengenai barang yang telah dipergunakan melalui Customer Service kami dan kami juga memberikan jaminan uang anda kembali 100% tanpa potongan biaya sedikit pun, bila produk yang kami jual tergolong palsu.

Harga alat bekam yang kami tawarkan memang sedikit lebih mahal dan berbeda dengan yang di pasar, karena kualitasnya sangat awet, terbaik dan original langsung dari pabriknya. Untuk informasi selengkapnya silahkan konsultasikan kepada kami.

untitled-1

 

Bagaimana Cara Pemesanan Alat Bekam Di Mitra Kami ?

Di mitra kami, menyediakan berbagai merk lain yang mungkin tidak ada pada rekomendasi diatas. Produk pilihan diatas bermaksud memberikan saran kepada anda mengenai produk alat bekam yang terbaik di tahun ini dan memiliki keawetan jangka panjang serta tahan dari penggunaan berkali kali. Bila anda ingin mencari produk lain, silahkan hubungi Costomer Service kami, agar kami dapat memberikan informasi produknya.

Untuk melakukan pemesanan, silahkan hubungi Costimer Service kami melalui nomor :

Phone : 0341-479060

Call/SMS :

0853-60-30-2010 (TSEL)

0856-09-90-2010 (IND)

0878-67-78-2010 (XL)

Atau kirimi kami produk yang anda inginkan melalui sms, karena kami siap melayani anda setiap waktu. Anda juga boleh berkonsultasi mengenai informasi alat bekam ataupun peralatan kesehatan lainnya seperti ranjang pasien, alat bedah dan sebagainya, agar kami dapat menyarankan produk terbaik



Perawatan Teknis Agar Alat Bekam Selalu Awet

Membersihkan alat bekam sangat bermacam macam, mulai dari meerendam dengan air sabun hingga mencucinya. Namun untuk hasil yang terbaik, silahkan beli produk Hydrogen Peroxide harganya 20rb an saja, karena kandungan H202 dapat mensterilkan peralatan lain seperti pisau bedah, gunting dan alat bekam itu sendiri. Kuman, bakteri, virus dengan hydrogen peroxide tak akan bisa hidup, karena sifatnya membunuh bakteri. Bila anda membutuhkan hydrogen peroksida silahkan hubungi kami.

hydrogen peroxide


Tags: , ,