Alat Bantu Jalan Walker

Alat bantu jalan walker merupakan alat bantu jalan yang mirip seperti jemuran, dengan 4 kaki yang dilengkapi dengan karet. Walker kruk biasa ditunjukan pada seseorang yang membutuhkan lebih dari tongkat jalan, karena kemampuan berjalan sudah sangat lemah dan hanya bisa menggantungkan kekuatan dari kedua tangannya.

Walker standard merupakan alat bantu jalan yang pertama kali muncul, di desain dengan 4 kaki dilapisi karet dan plastik sebagai tumpuan pada tangan. Walker standard memiliki kekurangan karena pengguna harus memanfaatkan kekuatan pada tangannya, sehingga banyak dari mereka yang mengalami kesakitan di pergelangan tangannya. Cara penggunaannya walker standard sangat sederhana, setiap melakukan langkah, pengguna harus mengangkat walker tersebut.

Meski walker standard masih digunakan, namun ada yang beralih ke walker beroda yang memberikan kemudahan dalam berjalan, pengguna hanya berdiri dan mendorong. Penggunaan beroda sangat efektif dalam mengurangi keletihan di tangan.

alat bantu jalan walker
 


Saya Bingung Apakah Memilih Tongkat Jalan Atau Walker ?

Jika anda memiliki rasa sakit pada sisi tubuh yang membuat sulit untuk berjalan silahkan pilih tongkat jalan. Namun bila anda memiliki keseimbangan yang buruk atau merasa goyah pada salah satu kaki maupun kedua kaki, pakailah walker untuk memberikan dukungan berjalan.

Walker juga memiliki manfaat seperti layaknya tongkat jalan, bila anda mengalami pasca kecelakaan, dianjurkan untuk menggunakan alat bantu jalan yang tidak memanjakan kaki karena dapat mengakibatkan kelumpuhan total. Walker juga menjadi salah satu saran dokter sebagai alat membantu penyembuhan pasca kecelakaan.


Rekomendasi Alat Bantu Jalan Walker

Beberapa jenis walker mulai dari di jinjing hingga yang beroda, namun mitra kami juga menyediakan walker dengan penambahan aksesoris tempat duduk, yang dapat digunakan sewaktu – waktu untuk beristirahat. Berikut ini diantaranya :



Fungsi Alat Bantu Jalan Walker

Alat bantu jalan walker memang memiliki fungsi utama yaitu untuk menompang tubuh yang mengalami gangguan mobilisasi. Namun ada fungsi lain dari walker tersebut, diantaranya :

  1. Untuk mempercepat kesembuhan selama masa pemulihan. Sangat dianjurkan sekali oleh dokter untuk berlatih berjalan kaki, agar kaki yang sebelumnya cidera tidak mengalami total lumpuh 100%.

  2. Tidak ketergantungan sama orang lain untuk menjalankan aktivitasnya.

  3. Memberikan rasa aman, karena walker memiliki 4 sisi yang tidak mudah roboh sangat cocok bagi penderita kecelakan dua kaki.


4. Jenis Alat Bantu Jalan Walker Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Jika anda baru mengalami pasca kecelakaan disarankan untuk menggunakan peralatan alat bantu jalan, hal ini sangat berguna untuk membantu menjalani aktivitas seharian tanpa merepotkan orang lain. Namun sebelum membeli sebaiknya kenali terlebih dahulu seberapa parah kah kondisi anda. Mengingat jenis jenis alat bantu jalan walker ini ada yang sifatnya beroda hingga di jinjing. Berikut ini 4 Jenis alat bantu jalan walker, diantaranya :


1. Alat Bantu Jalan Walker Tanpa Roda (Walker Standar)

Alat bantu jalan walker tanpa roda merupakan alat bantu jalan yang paling umum digunakan di masyarakat pada umumnya. Walker jenis ini juga sering disebut sebagai alat bantu walker standar karena harganya terjangkau dan mengutamakan tenaga pada kedua tangan dalam menggerakan langkahnya.

Alat bantu walker fix tanpa roda juga memiliki spesifikasi umum diantaranya seperti karet pada keempat kaki yang berguna memberikan kenyamanan saat menumpu dan ketinggian yang dapat diatur sesuai keinginan (adjustable).

Rata rata untuk alat bantu walker terbuat dari alumunium yang tahan karat hingga 3 tahun lebih. Untuk penggunaannya pun juga harus diperhatikan seperti terkena air hujan ataupun kotoran karena disisi kelebihan anti keropos namun juga memiliki kelemahan pada sisi bekas air hujan yang membuat tubuh alumunium tidak mengkilap lagi. Segera bersihkan dengan air bersih ketika terkena air hujan.

Cara Menggunakan Standar Walker :

  1. Letakan kedua telapak tangan di pegangan walker, tepat diatas karet pegangan yang disediakan.

  2. Majukan salah satu kaki ke depan

  3. Majukan kaki yang satunya

  4. Setelah kedua kaki sejajar, angkatlah walker standar ke depan

  5. Ulangi langkah 1 - 4


2. Alat Bantu Jalan Walker Beroda (Wheeled Walker)

Walker beroda merupakan alat bantu jalan yang memiliki sisi roda di depannya. Dua buah roda di depan dan dua tumpuan karet di belakang. Bila dibandingkan dengan walker standar, kenyamanan bergerak lebih nyaman. Pengguna tidak perlu bersusah payah mengangkat alat bantu jalannya karena sudah dilengkapi dengan roda sehingga hanya perlu mendorong ke depan saja.

Walker beroda juga dilengkapi dengan fleksibilitas ketinggian, Dilengkapi dengan 4 buah pin yang berfungsi untuk mengatur ketinggian. Sebagai pengguna dapat menariknya keatas bila dirasa pegangan walker kurang tinggi dan sebaliknya bila terlalu tinggi bisa diturunkan. Harga yang ditawarkan untuk alat bantu jalan beroda ini sedikit lebih mahal dari pada standar, namun lebih menguntungkan kenyamanannya.

Berbagai kelebihan yang dapat dirasakan pengguna diantaranya :

  1. Pinggang tidak terlalu lelah ataupun sakit dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

  2. Tidak perlu mengangkat terlalu sering saat melangkah kedepan

  3. Tangan tidak terlalu lelah

  4. 2x lipat lebih santai dari pada penggunaan alat walker standar

Cara Penggunaan Alat Bantu Jalan Walker Beroda (Wheeled Walker) :

  1. Pegang karet wheeled walker yang telah disediakan.

  2. Majukan walker beroda kedepan satu langkah 66

  3. Langkahkan 1 kaki ke depan dan diteruskan dengan kaki satunya ke depan

  4. Ulangi langkah 2 – 3

Walker beroda juga sangat cocok bagi kakek ataupun nenek yang membutuhkan tumpuan berjalan karena pada masa tersebut kaki sudah tidak bisa berjalan lebih dari 1 jam tanpa pegangan apapun. Dengan wheeled walker, pengguna hanya perlu berjalan lurus seperti dibawah ini.


3. Alat Bantu Jalan Wheeled Walker + Dudukan

Merupakan alat bantu jalan yang memiliki fungsi ganda yaitu untuk membantu melangkahkan kakinya dan untuk bersandar ketika mengalami kelelahan berjalan. Walker jenis ini memang diperuntukan bagi yang mengalami cidera serius, mengalami gangguan mobilisasi, penderita osteoporosis dan diperuntukan bagi orang tua yang sudah lanjut usia.

Dudukan ini sangat bermanfaat sekali karena pada usia lanjut usia sangat rentan pada perubahan masa otot yang berakibat pada ketahanan saat berdiri. Semakin lanjut usia, maka ketahanan berjalan juga semakin rendah, berkisar antara 20 – 30 menit kaki sudah mengalami gemetar dan diharuskan untuk duduk. Hal ini untuk mencegah terjadinya kepadatan tulang rapuh yang dapat beresiko patah.

Dudukan pada alat bantu jalan walker ini dapat dilipat dan digunakan sewaktu waktu, bila mengalami keletihan hanya perlu di dekatkan di tembok dan duduk sambil bersandar. Tak hanya itu alat walker ini juga dapat dilipat dan dibawa di mobil, sehingga anda tidak perlu takut saat beraktivitas diluar seperti pariwisata, ke pasar ataupun ke tempat tempat jauh lainnya.

Cara Pemakaiannya Alat Bantu Jalan Wheeled Walker + Dudukan :

  1. Letakkan kedua telapak tangan pada karet yang disediakan

  2. Dorong kedepan untuk melangkahkan kakinya

  3. Untuk membuat dudukan, silahkan tarik buka deck-nya dan tempat duduk siap digunakan.


4. Alat Bantu Jalan 4 Roda + Dudukan (Four Wheeled Walker / Rollator)

Merupakan alat bantu jalan yang memiliki fasilitas cukup banyak dan jenis ini sering banyak diminati banyak orang. Memiliki keunggulan 4 buah roda yang ringan sekali saat melakukan perjalanan, pengguna walker juga dilengkapi dengan REM yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kecepatan sangat bermanfaat sekali saat menuruni jalan curam ataupun turun tangga.

Four wheeled walker / rollator merupakan evolusi dari roda dua yang terkadang penderita membutuhkan alat bantu jalan yang benar benar sangat ringan. Dengan rollator tersebut hanya perlu mendorongnya saja, dan penggunaan di area luar rumah juga lebih nyaman. Dilengkapi dengan sebuah fasilitas jok yang dapat digunakan sewaktu waktu, kapan pun dan dimanapun.

Fitur tambahan pada rollator juga terletak pada keranjang plug and play, jadi bagi para penderita yang ingin membawa bekal makanan atau minuman dapat ditaruh dekat dengan alat bantu jalannya. Tidak perlu lagi membawa tas yang dapat memberatkan punggung anda. rollator sangat cocok digunakan untuk orang yang sudah lanjut usia, dan korban kecelakaan yang cukup parah.

Cara menggunakan Four wheeled walker / rollator :

  1. Pegang rollator dengan erat

  2. Dorong ke arah depan

  3. Untuk mengerem, tekan pedal rem dengan mengangkat keatas sama seperti menggunakan sepeda gayuh



3 Penderita Yang Disarankan Menggunakan Alat Bantu Jalan Walker Kruk

Walker merupakan alat bantu jalan yang dikhususkan untuk penderita yang membutuhkan banyak bantuan. Kondisi kelumpuhan memang sangat ditakuti oleh banyak orang, menjadikan seseorang tidak dapat beraktivitas di luar bahkan beberapa aktivitas seperti buang air kecil, ganti pakaian dan mandi pun tidak bisa dilakukan. Beberapa kasus kelumpuhan sebenarnya bisa diminimalisir menurut Spesialis Kedokteran Fisik, Dr Sondang Rexano, SpKFR bahwa kelumpuhan sangat besar terjadi pada seseorang yang tidak mau melatih untuk mengerakkan tubuhnya sama sekali.

3 jenis penderita yang disarankan alat bantu jalan walker kruk agar sistem syaraf motorik tidak mengalami disfungsi. Berikut ini diantaranya :


1. Penderita Pasca Kecelakaan

Pasca kecelakaan dan setelah keluar dari rawat inap rumah sakit, bukanlah suatu jaminan anda 100% sembuh melainkan masih dalam tahap ambang harapan. Kecelakaan bukan hanya berlaku pada seseorang berkendara saja melainkan terjatuh ataupun terbentur benda keras yang menyebabkan resiko syaraf motorik terganggu yang berakibat pada kelumpuhan total motorik.

Salah satu solusi agar tidak mengalami kelumpuhan total adalah dengan bertekad keras untuk sembuh dengan memaksa latihan untuk berjalan kaki entah satu langkah dua langkah sehari dan terus ditingkatkan. Salah satu hal yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat bantu jalan sebagai latihan mandiri tanpa menggantungkan waktu latihan anda pada orang lain.

Bila hal ini anda lakukan setiap hari setelah pasca rawat inap dari rumah sakit, kemungkinan untuk sembuh sangat besar karena tanpa anda sadari kekuatan syaraf motorik anda meningkat.


2. Lanjut Usia (Lansia)

Lanjut usia merupakan suatu masa yang pasti terjadi setiap manusia, beberapa pengaruh besar terhadap masa tua diantaranya menurunnya kemampuan untuk mempertahankan kepadatan tulang dan sistem perbaikan dalam tubuh. Tak hanya itu, struktur dan fungsinya juga akan mengalami perubahan yang melemah.

Melemahnya kemampuan pada lansia yang paling sering terjadi adalah :

  1. Immobility atau biasa dikenal dengan susah bergerak dan tidak seperti layaknya masa muda dahulu, untuk berlari pun sangat kesusahan apalagi berjalan hal ini dipengaruhi karena tulang tulang pada masa ini sangat beresiko patah atau keropos. Maka dari itu bagi lansia, diharapkan untuk tidak beraktivitas terlalu keras.

  2. Instability atau dikenal sebagai gangguan keseimbangan. Pada usia lansia memang sangat susah sekali untuk berdiri tegak dan bertahan hingga berjam jam. Pada umumnya, rata rata para lansia hanya bisa berdiri maksimal 30 menit saja tanpa bantuan penyangga.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan tulangnya, disarankan untuk menggunakan alat bantu jalan walker jenis 4 roda / rollator. Pada sisi ini, lansia juga dapat beristirahat dimanapun dan kapanpun karena sudah dilengkapi dengan tempat duduk portable.


3. Stroke

Stroke merupakan suatu penyakit yang paling banyak ditemui oleh kalangan usia tua, tapi tak tentu juga usia muda. Ada dua jenis stroke yaitu stroke ringan dan stroke berat, pasca stroke memang tidak membuat penderita pulih total, namun diperlukan waktu untuk memulihkan tubuhnya agar berfungsi secara normal dan terkadang setelah pasca kesembuhannya meninggalkan bekas kecacatan seperti sel sel syaraf otot yang banyak mati. Maka tak heran banyak orang yang menderita stroke tidak dapat berjalan dengan normal seperti sediakala.

Selain mengkonsumsi makanan, latihan fisik juga sangat dianjurkan oleh penderita stroke agar fungsi syarafnya dapat melakukan perbaikan. Beberapa stroke memang memberikan dampak tubuh lemas dan tidak kuat untuk berjalan, salah satu caranya adalah menggunakan tumpuan orang lain atau menggunakan walker sebagai latihannya.


Ingin Konsultasi Dan Pemesanan Alat Bantu Jalan Walker ?

Bila anda memiliki pertanyaan seputar alat bantu jalan walker ataupun lainnya, silahkan hubungi Customer Service GRATIS. Keluhan dan pertanyaan yang anda ajukan pasti akan kami jawab, kami juga menerima konsultasi mengenai kondisi anda saat ini. Silahkan konsultasikan diri anda kepada kami, karena kami siap melayani anda.

Kami juga menyediakan layanan service dan spare part seperti karet bawah, roda dan sebagainya, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui nomor yang tertera di bawah.


Kelebihan Produk Alat Bantu Jalan Walker Dari Kami

Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas terbaik dari alat bantu jalan walker yang terjual pada konsumen kami, memiliki ketahanan bertahun tahun dan terbuat dari alumunium. Pembelian produk dari kami, juga kami berikan diskon untuk pembelian dalam jumlah banyak dan jaminan pengiriman barang bila mengalami kerusakan.


Tags: ,