Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar merupakan sebuah perangkat yang membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran, bentuk perangkat ini seukuran telinga manusia dan dikaitkan di bagian luar telinga.

Teknologi alat pendengaran ini menggunakan sebuah tenaga baterai yang dapat bertahan 3 hingga 22 hari, tergantung dari tipe baterai yang digunakannya. Cara kerjanya juga sangat sederhana, alat ini akan selalu menangkap suara di sekitar dengan menggunakan komponen microphone dan kemudian diubah menjadi sinyal elektrik yang akan diteruskan kembali ke amplifier. Dengan menggunakan amplifier suara tersebut akan dirubah menjadi dengan nada yang tinggi.

alat bantu dengar

Rekomendasi Alat Bantu Dengar

Beberapa alat bantu dengar terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda, berikut ini diantaranya :


Untuk alat bantu dengar anak, silahkan konsultasikan kepada Costomer Service kami terlebih dahulu agar kami dapat menyarankan yang terbaik. Bila anda memiliki seputar pertanyaan yang lain, silahkan hubungi kami melalui contact di bawah.


Mengapa Kita Membutuhkan Alat Bantu Dengar?

Telinga merupakan salah satu indra yang penting dalam kehidupan manusia, dan memiliki peranan penting dalam menyerap informasi yang di dapat dari orang lain. Menjaga kesehatan telinga memang harus diperhatikan sejak dini, namun kerap kali tidak dihiraukan dan pada akhirnya membuat pendengaran semakin menurun. Penurunan frekuensi pendengaran merupakan salah satu kondisi pendengaran terganggu yang menimbulkan dampak pada sosialnya seperti mengulang ngulang pembicaraan orang lain dan miss communication.

Jika anda salah satu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran, sebaiknya gunakan alat bantu dengar untuk mengatasi masalah pendengaran tersebut. Alat bantu dengar juga memiliki peran penting untuk menjaga agar gendang telinga tetap bekerja dengan baik, yang berguna untuk meminimalisir terjadinya tuli permanen.

Manfaat alat bantu dengar :

  1. Alat bantu dengar membantu sisi telinga yang mengalami penurunan pendengaran.

  2. Penyerapan kata yang lebih baik ketika seseorang diajak berbicara, hal ini sangat menguntungkan bagi anda yang bekerja di kantor – kantor besar yang mana pekerja tidak lepas dari suatu instruksi.

  3. Dapat membantu anda mendengar pada area bising, karena teknologi amplifier akan memperbesar sinyal suara yang paling dekat.

  4. Meminimal kemunduran daya pendengaran, hal ini berkaitan dengan suatu indera yang tidak digunakan maka akan mengalami disfungsi.

  5. Membantu seseorang yang mengalami frustasi, menurut survei dari 100 orang yang memakai menyimpulkan bahwa mereka lebih percaya diri, dan puas setelah tertolong dengan alat bantu pendengaran.

  6. Membantu anda untuk lebih dapat menyerap sebuah kosa kata bahasa asing, karena alat bantu dengar ini tidak hanya di pakai oleh seseorang yang mengalami gangguan pendengaran akan tetapi banyak mahasiswa, pelajar yang menggunakan alat bantu dengar untuk belajar menangkap pembicaraan bahasa asing dengan lebih akurat.

  7. Memberikan frekuensi yang sama dengan telinga orang lain yang berdampak pada kenyamanan seseorang. Contoh : tanpa alat bantu dengar, anda menyalakan televisi dengan volume sesuai dengan respon telinga anda namun disisi orang lain suara itu sangat keras dan sangat mengganggu.



3 Jenis Gangguan Pendengaran Yang Mengharuskan Seseorang Menggunakan Bantuan Alat Pendengaran

Beberapa gangguan seperti dibawah ini sering terjadi di masyarakat, beberapa penyebab diantaranya yang paling sering adalah infeksi dari benda asing, namun dapat diatasi dengan penggunaan alat bantu pendengaran. Berikut ini diantaranya :

1. Gangguan Pendengaran Konduktif (Tuli Konduksi)

Merupakan masalah pendengaran yang mengakibatkan suara yang ditangkapnya sangat lembut dan sulit di dengar. Hal ini dikarenakan suara dari luar tidak bisa masuk sempurna ke dalam gendang telinga. Pada kasus ini, biasanya hanya bersifat sementara dan dapat diobati dengan obatan obatan resep dokter, namun untuk kasus tertentu harus dilakukan pembedahan. Tingkat desibel gangguan konduktif antara 25 hingga 65 desibel.

Selama menjalani pengobatan, pasien dapat memanfaatkan alat bantu dengar untuk sementara waktu, agar tidak terjadi permasalahan dalam aktifitasnya. Beberapa penyebab gangguan konduktif diantaranya :

  • -Infeksi telinga tengah

  • -Penyumbatan serumen (kotoran minyak telinga)

  • -Lubang pada membran timpani

  • -Benda asing yang masuk ke liang telinga

2. Gangguan Pendengaran Sensorineural (Tuli Sensorineural)

Merupakan gangguan telinga yang sifatnya permanen mengalami kemunduran dalam penerimaan suara dari luar. Hal ini diakibatkan oleh beberapa syaraf di telinga mengalami rusak dan tidak dapat disembuhkan meskipun dengan pembedahan sekalipun. Salah satu cara adalah dengan menggunakan alat bantu dengar setiap saat, karena bila tidak suara yang diterimanya sangat minim dan hampir tidak terdengar.

Pada kasus ini, gangguan yang dialami pasien adalah syaraf yang mengalami rusak saja sehingga bila salah satu syaraf telinga rusak maka yang disebelahnya akan tetap berfungsi dengan normal. Beberapa penyebab gangguan sensorineural, diantaranya :

  • -Genetik

  • -Penuaan

  • -Cedera kepala

  • -Faktor keturunan

  • -Kemoterapi

  • -Trauma

  • -Stroke

  • -Benturan terhadap benda keras

3. Gangguan Campuran

Merupakan gangguan yang dapat diakibatkan oleh gangguan konduktif dan sensorineural. Gangguan seperti ini bisa mengakibatkan kerusakan kerusak telinga, koklea, telinga tengah dan luar. Bila pasien mengalami hal ini, direkomendasikan untuk menggunakan alat bantu dengar selama menjalani pengobatan dan hasil akhir dari dokter.


5 Model Alat Bantu Dengar Yang Harus Diketahui Sebelum Pembelian

Sebelum anda memilih alat bantu dengar, alangkah sebaiknya mengenali terlebih dahulu model model alat bantu dengar yang beredar di pasar. Ada 5 jenis model alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, diantaranya :

1. BTE (Behind The Ear)

Model alat bantu dengar BTE merupakan alat yang paling umum dan banyak digunakan oleh orang. Pilihan model ini juga mampu membantu orang yang mengalami kemunduran telinga parah karena model seperti ini memiliki kualitas amplifier yang cukup bagus. Dalam produk tertentu produk BTE juga dapat meredam suara kebisingan, yang berguna pada saat pidato. BTE juga dilengkapi dengan teknologi kontrol maksimum pada sisi belakang yang dapat mengatur volume suara.

Tiga Bagian Model BTE diantaranya :

  1. Badan (Housing) merupakan bagian isi komponen yang digunakan untuk menyerap suara di sekitar anda. Housing ini dikaitkan di belakang telinga

  2. Selang kecil / tube merupakan bagian yang menyalurkan suara dari Housing ke telinga anda.

  3. Earmould seperti headshet yang digunakan untuk penerimaan hasil suara ke telinga anda setelah dikuatkan oleh amplifier.


2. Model Mini BTE (On The Ear)

Bagi yang memiliki telinga lebih kecil sebaiknya gunakan mini BTE. Mini BTE adalah alat bantu dengar yang memiliki teknologi sama dengan BTE, yang membedakan adalah pada segi ukurannya saja. Penggunaanya pun dapat digunakan oleh anak – anak ataupun dewasa yang umumnya memiliki telinga lebih kecil. Mini BTE juga memberikan rasa nyaman karena tidak terlalu memberatkan telinga meski di pakai berjam – jam.

Mini BTE juga memiliki bagian – bagian yang sama seperti Housing (badan), tube dan Earmould. Kelebihan mini BTE adalah hampir tidak terlihat bahkan dipakai oleh pria sekalipun karena bentuknya lebih kecil sehingga memberikan kenyamanan bagi seseorang yang malu karena penggunaan alat bantu dengar.


3. Model ITE (In The Ear)

Model ITE merupakan model alat bantu dengar yang dipasang langsung di dalam liang telinga, bentuknya lebih kecil dari mini BTE. Menggunakan teknologi telecoil yang dapat menyesuaikan volume secara otomatis saat mengangkat telpon sehingga pengguna tidak perlu lagi mengatur volume sekitarnya.

Model ITE memang banyak disukai oleh kalangan remaja karena bentuknya sangat ringan dan tidak terlalu memberatkan telinga dan bentuknya modern seperti headshet mini. Disertai lubang kecil dengan sistem mikrofon sehingga dapat digunakan sebagai penangkap suara terarah di dekatnya.

Bila anda ingin memilih model ini sebaiknya adalah memilikirkan bentuknya karena pada model ITE ini belum tentu dapat cocok pada liang telinga setiap orang. Bila anda bingung mengenai pemilihan ukuran, silahkan hubungi Costomer Service agar kami dapat memandu anda.


4. Model ITC (In The Canal)

Model ITC merupakan alat bantu dengar yang versi lebih kecil dari pada ITE. Berukuran lebih kecil yang dapat masuk ke liang telinga lebih dalam sehingga hampir tidak terlihat untuk jarak jauh. Seperti pada teknologi ITE yang memilliki mikrofon terarah, pada ITC pun juga ditanamkan yang berguna untuk mendengarkan lawan bicaranya dengan terfokus.

Sisi kelemahannya juga anda harus ketahui agar tidak kecewa, yaitu sering tersumbat kotoran dari liang telinga, karena pada model ITC ini akan masuk lebih dekat dengan gendang telinga. Model ITC ini hanya dapat digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang, dan tidak disarankan untuk penderita berat.

ITC memang sedikit lebih menjorok ke dalam telinga, sehingga kurang disarankan untuk anak – anak kecil yang rentan ceroboh dalam menggunakan alat ini. Untuk memilih model ITC sebaiknya kenali dahulu besar rongga telinga anda karena bila tidak pas juga akan membuat telinga menjadi tidak nyaman.


5. Model CIC (Completely In The Canal)

Model CIC merupakan alat bantu dengar yang paling kecil diantara keempat alat bantu dengar diatas. Teknologi mini mampu menanamkan amplifier dan mikrofon untuk penderita gangguan tingkat ringan hingga berat. Pada model CIC dilengkapi tangkai yang digunakan untuk menarik dan memasukan alat ini ke dalam rongga telinga dalam.

Penggunaan alat bantu dengar CIC hampir tidak terlihat pada jarak dengan sekalipun, sangat cocok digunakan untuk kalangan remaja yang malu terlihat menggunakan alat bantu dengar ini. Disisi lain, CIC juga memiliki keunggulan pada penyaringan suara yang sangat jernih dan mengurangi tingkat kebisingan secara otomatis.

Bila anda hendak memilih perangkat alat bantu dengar model ini, disarankan untuk mengetahui besar rongga telinga anda dan sangat tidak anjurkan untuk digunakan anak – anak yang masih dalam pantauan orang tua.



Tips Merawat Alat Bantu Dengar Yang Benar

Perawatan elektronik tentu tidak akan bertahan lama, bila tidak didampingi perawatan yang sesuai. Alat bantu dengar adalah peralatan yang jenis primer yang kerap tidak akan bisa lepas karena fungsinya membantu kita seharian. Agar alat bantu dengar anda dapat bertahan bertahun tahun sebaiknya anda harus mengenali beberapa penyebab kerusakan yang sering terjadi pada alat bantu dengar.

Kotoran merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada alat bantu dengar, terutama berada di liang telinga yang rentan terkena kelembapan dan serumen. Lembab menyebabkan alat ini menjadi mudah berkarat dan korosi sedangkan kotoran ini menyebabkan lubang mikrofon tidak dapat menangkap suara dengan jelas. Untuk permasalahan kedua meletakkan di tempat yang terlalu panas dan terlalu dingin, contoh adalah di atas meja mobil.

Memang alat bantu dengar yang kita miliki sangat mahal, dan penggunaannya pun terus menerus serta tidak ada waktu untuk melakukan maintenance atau pembersihan. Untuk menyikapi hal ini sebaiknya membeli peralatan alat bantu dengar cadangan alias membeli lebih dari satu. Dengan demikian pembersihan dan penggunaan dapat dilakukan secara bergantian sehingga keawetan lebih terjamin dari pada tidak sama sekali diistirahatkan.

Ada 2 Jenis Perawatan Alat Bantu Dengar Diantaranya :

1. Pembersihkan ringan merupakan perawatan yang tidak perlu membongkar bagian dalam komponen dan dilakukan setiap habis pemakaian agar kotoran tersebut tidak mengeras dan susah dibersihkan. Bahan yang diperlukan pun tidak terlalu susah yaitu kuas, dan sebuah tisu. Cara merawatnya adalah dengan mengelap bagian yang kotor dan menggosok dengan kuas pada bagian yang susah dibersihkan.

2. Pembersihkan Berat (Deep Cleaning) merupakan perawatan yang dibutuhkan keahlian khusus dalam membongkarnya. Bila anda bisa melakukan sendiri tidak akan menjadi masalah, namun untuk kalangan tertentu dapat mengunjungi customer service terdekat untuk melakukan perawatan dari dalam komponen. Minimal disarankan 4 – 6 bulan sekali untuk melakukan deep cleaning


Cara Mengganti Baterai Alat Bantu Dengar

Mengganti baterai pada alat bantu dengar sangatlah mudah, namun terkadang beberapa model alat bantu dengar menggunakan baterai yang harus dikeluarkan dengan bantuan obeng dan sangat susah bagi orang awam. Harga baterai alat bantu dengar cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 hingga 100.000 tergantung dari keawetan baterai yang diinginkan, anda juga bisa menggunakan baterai yang dibeli dari jam tangan.

Untuk pemasangannya silahkan lihat video dibawah ini. (contoh alat bantu dengar BTE)


Bagaimana Cara Konsultasi Dan Pemesanan Alat Bantu Dengar Diatas?

Silahkan hubungi Costomer Service kami melalui telpon, sms ataupun whatsapp di nomor yang tertera di bawah. Kami siap melayani anda setiap waktu, silahkan konsultasikan kondisi anda terlebih dahulu agar kami dapat memberikan saran mengenai alat bantu dengar yang lebih cocok untuk keadaan anda.

Kami juga melayani service center perbaikan, penggantian baterai atau maintenance bila produk anda rusak. Silahkan datang ke kantor kami atau kirim melewati ekspedisi pengiriman.


Apa Kelebihan Pembelian Produk Dari Kami?

Setiap pembelian yang dibeli dari mitrakesehatan akan diberikan garansi resmi dan pelayanan yang sangat mudah. Bila produk anda rusak, silahkan hubungi Costomer Service kami terlebih dahulu, agar kami dapat membantu anda untuk memberikan pelayanan garansi dan dipandu step by stepnya.


Tags: