8 Cara Menghentikan Cegukan Dengan Mudah Cepat Dan Instan Dengan Alat Apa Adanya

   

   

Cara menghentikan cegukan yang mudah dan dengan alat apa adanya, memang menjadi pertolongan yang paling di idam idamkan oleh banyak orang. Cegukan bukanlah suatu penyakit yang serius dan menakutkan, namun sangat mengganggu sekali saat bersosial dengan orang lain terutama saat presentasi.

Bila berbicara cegukan, semua orang juga pernah mengalami hal tersebut. Suara khas “hiks” serasa membuat orang pasti mengenalnya. Kondisi seperti ini memang sering kali banyak penyebabnya seperti tersedak saat makan tanpa diiringi minum, perubahan emosi seperti menangis yang terlalu dalam dan minum es.

Rata rata cegukan pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam selang waktu 1 hingga 2 hari tanpa pengobatan khusus, tapi siapa yang betah cegukan hingga dalam waktu selama itu?. Yups, bagi anda yang ingin jalan keluar secepatnya, silahkan lakukan 8 cara ini :



1. Menarik Nafas Yang Panjang dan Menghembuskan Secara Terkontrol

Sejauh ini obat yang terbaik untuk menghentikan cegukan secara cepat adalah dengan menahan nafas yang panjang dan menghembuskan secara pelan pelan. Sangat berguna untuk melemaskan diafragma paru paru yang tidak normal dan membangun oksigen yang cukup. Berikut ini langkah mudahnya :

  • - Cobalah untuk menarik nafas paling dalam dengan mulut (usahakan paling mentok yang anda bisa)

  • - Coba Tahan 20 Detik.

  • - Lepaskan secara pelan pelan (ingat!, untuk melepaskan karbondioksida juga harus pelan pelan, agar paru paru diafragma lemas) lakukan hingga berulang kali.

  • - Jika tidak berhasil? Cobalah lakukan kembali. Karena beberapa cegukan mungkin berhasil lolos.



2. Mempertahankan Aliran Air Dingin Di Tenggorokan Selama 30 Detik

Mungkin ini alternatif yang bisa dibilang cocok cocokan, namun adakalanya beberapa orang berhasil dengan metode demikian. Cara melakukannya cukup mudah yaitu :

Cobalah untuk minum air dingin secara perlahan lahan, tidak perlu tergesa gesa ataupun minum terlalu banyak. Cukup nikmati kesejukan air dingin yang masuk ke tenggorokan selama 30 detik saja dan usahakan air yang mengalir di tenggorokan terus menerus tanpa terputus. Bila tidak berhasil cobalah metode lain dibawah ini



3. Bernafas Menggunakan Kantong Plastik Atau Kertas Untuk Mendapatkan Karbondioksida

Menurut medis, beberapa cegukan bisa terjadi karena mengalami penurunan karbondioksida, saat udara karbondioksida yang berada dalam darah mengalami penurunan maka seseorang dapat mengalami diafragma kejang yang tidak sesuai dengan keinginan tubuhnya.

Secara umum metode ini juga kerap digunakan untuk menghentikan cegukan, dengan bermodalkan katong apapun disekitar anda dan yang terpenting tidak berlubang lubang serta bersih. Gunakan metode ini, agar karbondioksida dapat tertampung dalam plastik tersebut dan memaksa tubuh untuk menghirupnya.



4. Menjulurkan Lidah Saat Menghembuskan Karbondioksida

Sepertinya ini metode yang aneh ya? Yups. Memang terkadang metode seperti ini terkesan memalukan dan tidak layak dilakukan di depan umum. Metode ini memang sangat sepele namun dapat merangsang celah udara antara akord vokal yang bisa saja itulah penyebabnya anda cegukan. Caranya sangat mudah sekali :

  • Ambil nafas yang panjang hingga sekuat mungkin

  • Julurkan lidah anda

  • Hembuskan secara bergantian, dari mulut dan hidung.

  • Lakukan hingga 5 menit saja

Bila tidak kunjung berhasil, silahkan coba metode selanjutnya...



5. Tutup Telinga Dan Bernafas Seperti Biasa Selama 5x Percobaan

Menutup telinga dengan jari sangat bermanfaat untuk merileksasi otak dan saraf vagus agar tidak dalam kondisi tegan. Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan memasukan jari anda ke bagian lubang telinga dan hiruplah udara serta hembuskan seperti biasa.



6. Gerakan Berdiri Cepat dan Serentak

Metode demikian merupakan metode yang digunakan untuk memberikan kejutan pada otot otot paru paru, seperti layaknya seseorang yang disetrum di rumah sakit yang mengakibatkan jantung berdetak kembali. Pada prinsipnya, untuk bangun secara serentak tidak dibutuhkan suatu alat apapun hanya tidur terlentang saja. Berikut ini langkahnya :

  1. Tidurlah secara lurus terlentang, rilekskan sementara waktu selama 5 menit

  2. Bangunlah hingga berdiri secara cepat dan tiba tiba.



7. Memakan Lemon Atau Makanan Yang Pahit Sekali

Lemon sebenarnya merupakan buah buahan yang sangat kecut dan sangat menakutkan bila terkena lidah. Bahkan saat ini lemon banyak digunakan sebagai hukuman kuis kuis di sinetron yang membuat korbannya ketakutan saat mencicipinya. Nah ternyata hal ini juga dapat digunakan sebagai penyembuhan cegukan yang tidak kunjung sembuh, dengan rasa yang sangat asam dapat membuat seseorang lupa terhadap penyakitnya sehingga cegukan pun bisa hilang dengan sendirinya.



8. Daun Dill Untuk Sayuran Sebagai Obat Tanaman Herbal Cegukan

Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat dari daun dill dan apa itu daun dill itu sendiri. Nah ternyata obat yang paling ampuh untuk menghentikan cegukan terdapat dari daun dill ini, beberapa senyawa dari kandungan bermanfaat untuk menenangkan syaraf organ tubuh yang saat ini lagi bermasalah.

Daun dill merupakan daun yang berasal dari negara thailand timur tengah, namun tanaman ini banyak dibudidayakan di indonesia seperti di aceh, bali, jawa, madano, sumba dan sebagainya. Namun penyebutan daun dill ini memang sangat bervariasi di setiap setiap kota jadi anda hanya perlu mengenalinya saja dan pergi ke pasar terdekat.

Untuk obatnya hanya perlu digunakan sebagai sayuran ataupun bumbu bumbu, cobalah makan sekali saja dan rasakan kesembuhannya.

Itulah 8 cara untuk menghentikan cegukan, selamat mencoba dan sehat selalu :)