7 Tips Membuat Makanan Bekal Sehat Untuk Anak Dan Pasti Disukainya

Memilih makanan bekal sehat memang harus diperhatikan, mengingat jajanan di sekolah banyak mengandung zat zat berbahaya. Sebagai ibu baru, pasti akan mengalami kebingungan mengenai makanan yang harus dibekalkan kepada buah hatinya karena banyak sekali menu menu makanan yang belum tentu disukai oleh anak.

Sering kali juga, bagi ibu baru yang telah menyiapkan bekal untuk anaknya yang sangat enak dan bergizi, namun disisi anak tidak mau memakannya bahkan lebih suka jajan di luar sekolah ketimbang makan bekal dari ibunya sendiri. Dari situ, bagi seorang ibu pasti akan merasakan kekecewaan karena susah susah disiapkan tetapi tidak dimakan.

Belum lagi ditambah kecemasan kesehatan anak mengenai makanan yang dikonsumsinya, karena baru baru ini jajanan sekolah semakin berbahaya. Banyak oknum penjual makanan yang ingin meraup keuntungan semata tanpa mempedulikan kebersihan dan cara pengolahan dari jajanan yang diperjual belikan.


Lalu, apa yang terjadi bila anak sering mengkonsumsi jajanan di luar sekolah?

Sebenarnya ada dua jenis dampak dari jajanan yang tidak sehat yang pertama adalah jangka pendek dan yang kedua adalah jangka panjang. Berikut ini diantaranya :

  1. Sakit Perut

  2. Diare

  3. Muntah muntah

Dan jangka panjangnya adalah cacingan dan kanker. Hal ini memang diakibatkan oleh penggunaan bahan bahan yang murah dalam menjual dagangannya sebagai contoh adalah saus tomat 1 liter yang seharusnya Rp 25.000 menjadi Rp 3.000 / Liter, dengan bahan baku pewarna tekstil dan tomat busuk. Sedangkan pedagang lainnya adalah tidak mempedulikan kebersihannya, salah satu contohnya adalah air pembuatan minuman buah adalah air kran atau air WC yang tidak diolah.


7 Tips Agar Bekal Makanannya Disukai Oleh Anak

Nah, dari situlah kami memberikan tips bagaimana agar bekal yang dibawanya disantap habis oleh anak. Berikut ini 7 tips yang dapat dijadikan pedoman :

1. Kreasi

Point yang pertama dan terpenting adalah kreasi, sebagian besar anak yang masih usia dini tidak mengenal rasa enak dari makanannya akan tetapi keunikan kreasinya. Mereka menganggap kreasi lucu itu pasti enak, benar begitu bukan. Nah seperti apakah kreasi makanan untuk bekal sehat, berikut ini contohnya :


2. Berikan Pilihan Menu Makanan Dan Tanyakan Kepada Si Anak

Ajaklah diskusi kepada anak, makanan apakah yang disukai hari ini? Tapi sebelum menanyakan hal ini, setidaknya seorang ibu memiliki beragam ide makanan contoh saja adalah roti, ayam, telur, mie, atau wortel sehingga anak lebih mudah m4. Pola Makanan Sehatemilih menu makanannya, namun tak tentu juga variasi yang diberikan oleh seorang ibu diterima dan terkadang si anak ini memiliki keinginan sendiri. Hal yang terpenting adalah bagaimana anak senang terlebih dahulu, dengan apa yang diinginkannya.


3. Tidak Terlalu Banyak

Kebanyakan makanan membuat banyak sisa, setidaknya seorang ibu juga harus mengetahui besar porsi makannya. Terlalu banyak juga membuat si anak cenderung malas makan, dan pada akhirnya nasi serta lauknya terbuang sia sia. Sedikit dan cukup adalah yang paling utama.


4. Pola Makanan Sehat

Nah point keempat ini juga harus diperhatikan, biasanya si anak tersebut memilih makanan yang tidak sehat seperti bekal snack, ciki cikian dan minuman kemasan. Dari sisi peran ibu, boleh membawakan demikian, namun dengan syarat dibatasi dan dijadwalkan. Contoh saja mungkin hari ini membawa snack, maka besoknya tidak boleh demikian karena pada masa ini peran pertumbuhan sangat penting, bila asupan tidak sehat maka tubuhnya juga tidak sehat di masa remaja nantinya.


5. Minimal 6 Variasi Makanan Yang Di Jadwalkan Pada Hari Yang Berbeda

Seorang ibu tentu tidak tumpul ide masakan kan? Saat ini memang TK maupun SD memiliki aktif masuk sekolah 5 – 6 hari, maka inilah yang dapat dijadikan pedoman bahwa si anak ini bakal menjadi bosan karena menu yang disajikan ibu hanya itu itu saja dan akhirnya tidak dimakan. Persiapkan menu menu makanan berbeda beda mulai dari hari senin hingga sabtu dan bila perlu diskusikan dengan anak agar menambah motivasi untuk makanan makanan sesuai selera minatnya.


6. Tempat Makan Tidak Terlalu Besar

Usahakan tempat makan tidak terlalu besar, hal ini dikarenakan dapat membuat barang bawaan tidak nyaman karena terlalu besar. Usahakan yang praktis, cukup dan memiliki skat antara nasi dengan lauk pauknya.


7. Wadah Makan Bergambar Kartun dan Desain Menarik

Memilih model juga harus diperhatikan, karena antara bekal laki laki dan wanita hampir sama namun disisi anaknya tidak suka. Untuk menyikapi hal ini, biasanya dapat membeli di toko online ataupun toko toko terdekat bersama anak, biarlah anak yang menunjuknya sedangkan orang tua yang mengarahkan.


Contoh Bekal Makanan Sehat Yang Mudah Di Buat

Sebagai orang tua pasti repot dalam memikirkan menu makanan terutama yang pulang malam, namun kami memiliki contoh bagaimana cara mudah untuk memberikan bekal sehat terhadap buah hati anda. berikut ini caranya :

A. Persiapan Alat Cetak Nasi

Anda juga dapat membeli cetakan nasi di mitra kami, silahkan konsultasikan melalui contact di bawah ini. Cetakan nasi ini berperan penting dalam menghemat waktu anda, karena membentuk tokoh kartun dengan tangan kosong membutuhkan waktu hingga satu jam, namun dengan alat cetak ini dapat memakan waktu kurang dari 5 menit saja.


B. Membuat Angry Birds Bekal Sehat

Salah satu tokoh unik yang paling terkenal adalah angry bird, banyak kalangan juga mengenal dari permainan game. Motif angry birds ini juga sangat populer sekali digunakan sebagai bekal sehat dan tentunya banyak anak yang menyukainya. Berikut ini cara pembuatannya :

Bahan :

  • Nasi

  • Saus tomat

  • Jagung manis

  • Ayam teriyaki

  • Seiris keju

  • 1 lembar nori (rumput laut)

Langkah membuatnya :

  1. Ambil nasi secukupnya

  2. Ratakan nasi tersebut dengan saus tomat sedikit saja, hanya digunakan sebagai pewarna alami

  3. Letakan nasinya kedalam cetakan

  4. Untuk mata dan alis bisa menggunakan rumput laut, keju atau dengan telur