7 Manfaat Clean Sleeping Menjadi Trend Hidup Sehat Awal Tahun 2017

Manfaat clean sleeping memang menjadi salah satu topik terhangat yang di bicarakan di awal tahun 2017 ini, sejumlah kalangan artis juga menerapkan metode ini karena dapat memperlambat penuaan.

Lantas apa itu clean sleeping? Bila di definisikan dari kamus memiliki arti “tidur bersih” namun arti yang sebenarnya adalah metode yang diterapkan seseorang untuk mendapatkan tidur yang sangat berkualitas yang idealnya adalah 10 jam. Trend ini pertama kali di cetuskan oleh artis Hollywood Gwyneth Paltrow.

Disisi lain, pendapat dari Gwynet Paltrow ini ditambahkan oleh Dr Laura Lefkowitz atau seorang ahli gizi dan hormon yang mengatakan bahwa tidur yang baik berkisar antara 7 hingga 9 jam dan tidur disesuaikan dengan kebutuhan seseorang sehingga antara satu orang dengan orang lain pasti berbeda, hal ini dipengaruhi oleh siklus otak masing masing. Pendapat Dr. Laura Lefkowitz ini termuat dalam buku barunya Gwynet Paltrow yang berjudul “GOOP CLEAN BEAUTY”

Namun Dr. Nerina Ramalakhan juga menambahkan bahwa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur berkualitas dipengaruhi oleh apa yang dilakukan seharian. Kualitas tidur itu juga ditentukan oleh jadwal tidur yang baik dan tepat, dan tidak berubah ubah, setidaknya pola hidup yang terdapat pada metode clean sleeping dapat dijadikan percobaan hingga 10 hari. Bila hasil yang di dapat sangat positif, mengapa tidak diteruskan?


7 Manfaat Dari Metode Clean Sleeping Menurut Gwyneth Paltrow

Artis Hollywood ini tidak hanya sekedar memberikan tips saja, melainkan dia juga mempratekan sendiri dan telah membuktikannya. Dia pun telah mempromosikan tips clean sleeping ini di Daily Mail yang dapat anda lihat disini : http://www.dailymail.co.uk/femail/article-4046444/The-biggest-health-trend-2017-Clean-sleeping-know-clean-eating-GWYNETH-PALTROW-shows-approach-boost-sleep.html

Beberapa manfaat luar biasa yang diperoleh dari clean sleeping ini diantaranya :

1. Membuat Tubuh Langsing

Menurut kutipan daily mail bahwa tidur dengan metode clean sleeping memainkan peran dalam menentukan nafsu makan seseorang. Hal ini dikarenakan dalam menjalani metode clean sleeping diharapkan memberikan jeda makan selama 12 jam ketika tidur dilakukan. Dengan demikian, bila dilakukan terus menerus akan membiasakan memori pada otak untuk tidak lapar di selang waktu tersebut.

2. Memperlambat Proses Penuaan Dan Membuat Kulit Mulus

Bila anda mendengar pada point dua ini, tentunya pasti mengetahuinya. Manfaat dari sebuah tidur adalah meregenerasi kulit dan memulihkan sel sel kolagen dalam tubuh, bila tidur anda sangat berkualitas, otomatis wajah dan kulit tubuh anda tampak awet muda. Berbeda dengan orang yang sering bergadang, yang cenderung memiliki wajah pucat. Pada metode clean sleeping mewajibkan anda untuk tidur maksimal pukul 20.00 dan bangun pukul 06.00.

Disamping itu menurut situs derheba.com, telah menuliskan bahwa National Sleep Foundation yang berkenaan dengan riset kepada sejumlah orang menyimpulkan bahwa usia 26 – 64 tahun akan lebih baik tidur selama 10 jam untuk mendapatkan kualitas tidur yang berkualitas.

3. Menghilangkan Rasa Marah, Frustasi Dan Depresi

Menurut Daily Mail yang telah di ungkapkan oleh artis Gwyneth Paltrow bahwa tidur yang cukup dan berkualitas mampu mengontrol emosional anda seharian. Mudah marah merupakan suatu reaksi emosional yang dapat diakibatkan oleh kurang tidur dan kelelahan.

Menurut Journal Of Applied Social Psychology yang termuat dalam situsnya kompas, menjelaskan bahwa kurang tidur membuat seseorang tidak mampu dalam mengontrol emosionalnya terlebih lagi suka marah dan mudah stres. Maka tak heran, bila orang yang kurang tidur mudah depresi karena tidak sulit menentukan mana yang benar dan mana yang salah.

4. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Membiasakan tidur 10 jam juga membangun hormon kortisol yang baik sehingga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tidur yang berkualitas juga menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah rontok, penuaan dan kerusakan dari akar.

5. Memulihkan Gangguan Memori

Seorang ahli gizi bernama Dr Frank Lipman dalam sebuah daily mail yang dipromosikan oleh Gwyneth Paltrow menjelaskan bahwa tidur berkualitas dapat mengembalikan fungsi memori otak, bila mana anda sering mengalami “lupa” dan sulitnya mengingat sesuatu, kemungkinan besar dapat diakibatkan kurangnya tidur atau tidur yang tidak berkualitas.

6. Mencegah Penyakit Dan Semangat Dalam Menjalani Aktivitas

Tidur berkualitas juga mencegah terjadinya penurunan hormon tiroksin, dimana hormon ini mempengaruhi metabolisme tubuh. Pada orang yang tidak memiliki kualitas tidur, sangat berpengaruh pada sistem kecerdasan, alat vital dan kesehatan kulitnya.

7. Tidur Lebih Nyaman

Pada metode clean sleeping, diyakini akan memberikan manfaat tidur yang nyaman dan menghindarkan mimpi buruk akan terjadi. Pada sebagian orang, tidur cukup tidak ada gunanya bila terjadi mimpi buruk dan yang perlu di ketahui adalah mimpi buruk ini biasanya ditimbulkan oleh trauma lingkungan sekitar anda, entah dari pekerjaan, sosial maupun dengan keluarga dekat anda.

Bila terbawa hingga tidur, juga memberikan dampak negatif. Maka dari itu clean sleeping memberikan konsep untuk meditasi beberapa menit terlebih dahulu sebelum menginjak ke tidur yang sebenarnya.


Praktek Cara Menerapkan Clean Sleeping

1. Berikan Jeda Makan 12 Jam

Seperti yang diungkapkan diatas, diwajibkan untuk memberikan jeda 12 jam ketika ingin tidur. Bila anda bingung berikut ini contohnya :

a) Pukul 20.00 – 06.00 = Selang tidur hingga bangun pagi

b) Pukul 08.00 = Barulah anda makan


2. Hindari Makan Berat Dan Ngemil Sebelum Tidur

Dalam menerapkan metde clean sleeping, setidaknya anda menghindarkan kebiasaan mengemil sebelum menjelang tidur. Hal ini juga dimuat dalam artikelnya Gwynet Paltrow bahwa saat tidur adalah waktu yang paling sulit untuk tubuh dalam mencerna makanan, maka jangan heran banyak fakta mengejutkan bahwa makan sebelum tidur dapat menimbun lemak.


3. Meditasi

Meditasi yang dimaksudkan adalah menenangkan pikiran, bisa anda membayangkan hal hal yang baik antara kisah dengan pasangan anda atau dengan mengingat hal hal yang baik. Peralatan yang dapat membantu adalah musik terapi alam, jenis musik ini merupakan kicauan burung di hutan atau percikan air. Untuk contohnya bisa anda lihat disini https://www.youtube.com/watch?v=-eZE_hYlaUw

Meditasi ini bertujuan untuk menghindarkan diri dari mimpi buruk dan memberikan respon otak untuk memberikan mimpi yang baik. Waktu yang dibutuhkan meditasi ini berkisar 15 menit dan maksimal 30 menit.


4. Setelah Meditasi, Jauhkan Gadget, Headset, Laptop dan Peralatan Lainnya Di Tempat Tidur

Point 4 ini berguna memberikan kenyamanan pada tidur, banyak hal terjadi bangun malam karena barang elektronik anda tertindih ataupun jatuh. Maka sebaiknya tempatkan barang – barang yang menyempitkan tidur anda di tempat yang semestinya.


5. Pakai Penutup Mata (Opsional)

Penutup mata membantu anda untuk sulit tidur, terlebih lagi banyak orang yang mengeluh karena cahaya yang diterima oleh mata sangat mengganggu saat tidur. Peralatan seperti ini sepertinya sudah banyak digunakan oleh kalangan insomnia karena sangat membantu sekali dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik.