3 Tips Sehat Secara Emosinal Ini Perlu Anda Coba, Agar Tidak Mudah Sakit Dan Super Energik

3 Tips Sehat Secara Emosional. – Tahukah apa yang dimaksud dengan emosi dan mengapa emosi bisa mengendalikan kesehatan? Mungkin pengertian seperti ini sangat susah di pahami, terlebih lagi informasi yang beredar di masyarakat bahwa emosi = marah, hal itu sebenarnya kurang benar. Mari kita simak berikut....

Sebelum kita lanjut, bagaimana cara membuat tubuh sehat dengan mengontrol emosi alangkah sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu emosi. Emosi merupakan suatu perasaan yang dikaruniakan kepada manusia sebelum mengambil tindakan, ada banyak macam mulai dari marah, sedih, senang, bahagia, tertawa dan sebagainya. Lantas bagaimana emosi itu bisa mengontrol kita?



Contoh Tindakan Emosi Tanpa Anda Sadari Memberikan Kekuatan

Contoh Pertama...

Pernahkan anda luka? Pasti saya yakin pernah. Apa yang anda rasakan ketika anda luka? Tentu merasakan sakit bahkan terkadang tidak kuat untuk berjalan. Tapi ketika ada bahaya di belakangnya, bisa jadi anda akan mengabaikan rasa sakitnya dan dapat berlari kencang seperti layaknya orang normal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena itulah yang disebut dengan kekuatan emosi takut.

Contoh Kedua.....

Pernahkah anda merasakan di khianati oleh orang yang anda sayangi? Jika pernah apa yang anda rasakan? Tentu merasakan sedih bahkan menangis juga. Perasaan sedih memang boleh boleh saja, namun bila emosi negatif yang anda keluarkan secara terus menerus kemungkinan besar adalah kesehatan anda terganggu. Apa yang terjadi pada tubuh anda? pasti akan sakit, letih, lesu, dan demam.

Emosi inilah yang dimaksud, ada dua jenis yang mempengaruhi kesehatan manusia yaitu emosi negatif dan emosi positif. Kedua jenis ini pasti akan muncul di suatu permasalahan, entah itu baik atau buruk, yang harus dilakukan adalah mengontrolnya, bila emosi negatif maka kontrolah dengan seimbang. Contoh sedih, maka sedih dalam tingkatan wajar, agar tidak membawa dampak pada kesehatan anda seperti karir hancur, lupa, letih dan anemia.



3 Emosional Yang Dapat Membuat Tubuh Anda Menjadi Kuat Dan Energik

Berikut ini penerapan emosional yang pernah dilakukan oleh orang tanpa disadari yang dapat memberikan efek positif bagi dirinya sendiri dan orang lain :

1. Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan kekuatan yang paling besar yang wajib dimiliki oleh semua orang tapi tidak banyak orang yang mampu mengolahnya. Contoh saja seorang ibu yang memiliki 4 orang anak yang memiliki pekerjaan seharian penuh diantara cuci piring, pembantu dan tukang setrika. Bila dipikir pikir pekerjaan seperti ini sangat berat, perasaan lelah, malu, sakit pun tidak akan terasa karena ibu memiliki kasih sayang yang besar kepada anaknya. Inilah yang menjadikan kekuatan tersembunyi manusia,



2. Takut Yang Di Kontrol

Takut memang merupakan emosi negatif tapi bila di manage dengan baik maka akan membawa dampak energik yang sangat luar biasa, bahkan bisa jadi seorang yang tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikannya karena dia mengeluarkan emosi takut yang dikontrol tanpa di duga dia tugas tersebut dapat terselesaikan.

Contoh : bila kita masih SMP, SMA/SMK pasti pernah menemui UAS. Entah dari beberapa murid yang tidak di anggap pintar oleh kawannya dapat memiliki dia terbaik dan beberapa murid yang dianggap kawannya pintar justru nilainya lebih rendah dari yang dipastikannya. Mengapa demikian? Karena murid yang mendapat nilai bagus ini memiliki rasa takut yang dikontrol di awal sebelum ujian di adakan dan rasa takut ini tidak berlarut larut melainkan di rubah menjadi suatu motivasi sehingga inilah tolak keberhasilannya sedangkan murid yang mendapat nilai rendah kemungkinan besar adalah rasa takut yang berlarut larut dan di saat hari H – nya rasa takut ini mulai muncul berlebihan sehingga mengakibatkan seorang tidak konsen dalam belajarnya.



3. Percaya Diri

Percaya diri yang dimaksud adalah percaya pada kondisi apapun, dan bahaya apapun. Dengan melatih percaya diri seperti ini akan membuat diri anda merasa nyaman walaupun masalah itu sangat berat. Ciri ciri percaya diri adalah nyaman dalam segala sesuatu hal, terutama pertemanan, lingkungan maupun tugasnya karena merasa dirinya mampu dan tidak akan memberatkan beban pikirannya.