15 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Untuk Orang Tua

Gangguan pendengaran adalah salah satu penyebab umum bagi kalangan orang tua, semakin bertambahnya umur maka frekuensi deteksi suara akan semakin menurun. Pengaruh gangguan tersebut mengakibatkan akan merasa sulit sekali melakukan percakapan terhadap orang lain taupun dengan keluarganya sendiri.

Dalam keadaan seperti itu, solusi yang tepat disarankan adalah dengan menggunakan alat bantu dengar, yang membantu memaksimalkan penangkapan suara dari luar sehingga meminimalisir seseorang mengulang ulang kata yang disampaikan. Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli alat bantu dengar :

1. Mengetahui tingkat desibel gangguan pendengaran. Tingkat gangguan pada setiap orang sangat berbeda beda, para dokter THT mengkategorikan berdasarkan tingkat/derajat desible, berikut ini diantaranya : 1) gangguan pendengaran ringan memiliki desible 21 – 40 dB , 2) gangguan sedang : 41 – 70 dB dan 3) gangguan berat : 71 – 90 dB. Untuk mengetahui derajat tersebut diperlukan pemeriksaan oleh dokter spesialis THT sehingga membantu anda dalam menentukan alat bantu dengar yang dipilihnya.

2. Alat bantu dengar yang memiliki kualitas baik. Mempertimbangkan informasi produk terlebih dahulu sebelum membeli sehingga tidak menyebabkan kekecewaan setelah produk dicoba. Anda bisa menanyakan langsung kepada customer service alat bantu dengar atau berkunjung ke toko fisiknya langsung agar mendapatkan rekomendasi alat bantu dengar yang cocok dengan gangguan pendengaran anda.

3. Jenis Alat Bantu Dengar. Jenis biasa dikaitkan dengan bentuk, saat ini ada beragam jenis mulai dari BTE, ITE, ITC, CIC dan semakin beragam jenis yang mungkin selalu dikembangkan. Untuk orang tua, kami rekomendasikan jenis standar yaitu BTE dan harga lebih terjangkau serta aman dipakai.

Berikut ini, ada 15 rekomendasi alat bantu dengar dengan kualitas baik, awet, bergaransi dan dapat disesuaikan sesuai kendala yang dialami :

Rekomendasi Alat Bantu Dengar Orang Tua Dengan Gangguan Pendengaran Ringan

1. Cyber Sonic

Cybersonic merupakan alat bantu dengar yang cocok untuk orang tua dengan gangguan ringan maksimal 50dB. Dalam satu paket sudah lengkap dengan ukuran cap, 3 baterai dan siap dipakai. Cybersonic memiliki harga terjangkau dibandingkan dengan harga ABD lainnya.

2. BION B-13

BION B-13 merupakan alat bantu dengar ekslusive yang memudahkan untuk di bawa kemana mana, dilengkapi dengan box tambahan sehingga menjaga kebersihan dan terhindar dari debu. Fitur yang dimiliki juga sangat bermanfaat yaitu volume yang dapat diatur, tombol ON / OFF dan memiliki amplifier yang cukup kencang. BION B- 13 direkomendasikan untuk seseorang yang memiliki gangguan pendengaran ringan (0-40 dB).

3. Axon X-168

AXON X-168 merupakan alat bantu dengar BTE dengan merk ternama dan memiliki kualitas terjamin dalam hal meminimalisir kebisingan. Axon telah lama berdiri dan banyak memproduksi alat bantu dengar dari berbagai usia dan kelainan, salah satunya adalah X – 168 yang memiliki spesifikasi gain output 50dB sangat membantu keluhan gangguan ringan dengan baik.

4. Hearing Audio Sound JH-125 JH125 Merupakan alat bantu dengar dari produksi AudioSound, JH125 memiliki kelebihan pada sisi rekomendasi oleh KEMENKES RI AKL 10702813025 yang membantu penanganan gangguan pendengaran ringan. Di desain memberikan rasa nyaman, pas, tidak mudah terjatuh, ambang volume telinga yang sudah ukur dan tombol pengaturan volume yang mudah dijangkau.

5. Harmed CTS 99

Harmed CTS 99 adalah salah satu alat pendengaran yang memberikan kelebihan gain output sebesar 55dB. Pada kriteria gangguan pendengaran ringan berkisar 21 – 40 dB, dan Harmed memproduksi ABD untuk gangguan ringan, walaupun harmed dapat digunakan untuk penderita gangguan sedang namun produk ini sangat direkomendasikan bagi kalangan ringan. CTS 99 juga salah satu produk best seller di online shop.

Rekomendasi Alat Bantu Dengar Orang Tua Dengan Gangguan Pendengaran Sedang

1. Axon K-80 Axon K-80 merupakan alat bantu dengar model ITE yang memberikan kenyamanan dalam menangani gangguan pendengaran sedang / medium yang memiliki kisaran 40 – 70dB. Kualitas Axon juga tidak perlu diragukan lagi, karena banyak model dan seri yang sering dikeluarkan dan rata rata pemakainya merasa puas. AXON K – 80 dapat digunakan untuk orang tua yang tidak ingin alat bantu dengarnya mencolok, maka rekomendasi sekali AXON K-80 karena pemakaian sedikit menjorok ke dalam telinga.

2. Axon F-16 Axon F-16 adalah salah satu alat pendengaran dari axon yang membantu pendengaran orang tua dengan alat praktis yang unit utamanya di masukkan ke dalam saku. Didesain pocket agar tidak mudah jatuh dan unit tersambung ke headset, sangat direkomendasikan sekali model ABD tersebut untuk berangkat umroh , naik haji atau ke tempat keramaian tertentu.

3. BION F 998

BION F 998 merupakan alat bantu dengar jenis BTE untuk penanganan penderita sedang, di import dari USA. Harga BION F 998 memang sedikit lebih mahal, dikarenakan ada penambahan amplifier yang berkualitas sehingga suara yang dikeraskan memiliki kejernihan yang baik.

4. AXON A-155

AXON A-155 merupakan alat bantu dengar dengan teknologi bluetooth, dengan dibantu input suara oleh smartphone atau perangkat mic lainnya.Dengan menggunakan teknologi ini dapat disesuaikan dengan handphone masing masing dan rata rata setiap smartphone sudah memiliki standarisasi mic yang bagus.

5. AXON K - 88 Recharge

AXON K – 88 merupakan alat bantu dengar yang dapat di charge memudahkan bagi orang tua yang khawatir mengenai baterai habis. Alat bantu dengar K – 88 bisa di charge melalui power bank selayaknya handphone

Rekomendasi Alat Bantu Dengar Orang Tua Dengan Gangguan Pendengaran Berat

1. HA-50 Hearing Aid Beurer

HA-50 Hearing Aid Beurer adalah salah satu alat bantu dengar penderita berat model BTE yang dikaitkan ke liang telinga. Aid Beurer adalah merk yang memberikan kualitas terbaik di amplifier yang sangat jernih dan memberikan garansi resmi 3 tahun. Spesifikasi yang sangat menarik  ditanamkan pada unit HA50 adalah jarak frekuensi pendengaran yang mencapai 100 – 6000 Hz, jadi unit ABD ini dapat menangkap suara yang cukup jauh.

2. JH-361 JINGHAO Rechargeable Portable BTE Hearing Aid

JH-361 JINGHAO Rechargeable Portable BTE Hearing Aid merupakan salah satu produk china yang memiliki sertifikasi FDA CE,ROHS,ISO9000. Sebagai produk ABD internasional, JH-361 sudah menanamkan spesifikasi yang sangat bagus bagi penderita gangguan berat yaitu frekuensi mencapai 6000 Hz, dan amplifier yang jernih. Tidak hanya itu JH – 361 juga dapat di charge kembali dan dapat bertahan hingga 20 jam.

3. Acosound 610 BTE Acosound 610 BTE merupakan alat bantu dengar dari produk negara china yang telah memiliki sertifikat CE. Unit ini menggunakan teknologi bluetooth yang di connect-kan ke smartphone. Cara kerja Acosound 610 ini menggunakan mic yang ada di smarphone kemudian di transmisikan langsung acosound, dengan menggunakan teknologi seperti ini suara yang dihasilkan tidak cempreng dan jernih.

4. AcoSound Acomate 610

Merupakan alat bantu dengar berjenis CIC yang dimasukan ke dalam liang telinga, pemakaian ABD seperti ini tidak mencolok sedikit pun. AcoSound Acomate 610 diperuntukkan bagi seseorang yang mengalami gangguan pendengaran yang berat, dan memberikan kenyamanan saat memakainya. Untuk teknologi yang ditanamkan hampir sama dengan model BTE yang memiliki frekuensi hingga 1600 Hz.

5. VIVO PRO 201 hearing aid

VIVO PRO 201 merupakan seri alat bantu dengar untuk penderita berat, diproduksi dari negara Fujian, China yang memiliki kualitas terbaik hingga mancanegara. Memiliki sertifikasi FDA, dan CE. Vivo Pro 201 mengedepankan frekuensi penangkapan suara hingga 8000 Hz sehingga jangkauan luar dan penyaringan yang cukup tajam.

Itulah 15 rekomendasi alat bantu dengar untuk orang tua yang mengalami gangguan pendengaran ringan, sedang dan berat. Bila anda tertarik dengan produk diatas ataupun konsultasi bisa menghubungi 0823-6200-2010