GARANSI Uang Kembali Untuk Penderita Kanker, Stroke, Diabetes, Penyakit Jantung dan HIV/AIDS, Jika Tidak Ada Perubahan Positif Proses Penyembuhan Dalam Waktu 21 Hari.

Penyebab Tanda Biru Lebam di Kulit

MitraKesehatan.com Di Facebook :

Pernahkah kamu menemui bercak biru seperti lebam di kaki atau tanganmu? hal inilah yang sering saya alami. “Biru-biru nakal” ini rajin muncul sejak SMA, terutama jika saya sedang kelelahan dan banyak pikiran. Saat “sang rembulan” datang bertamu si biru ini juga suka nongol tiba-tiba. kadang tanpa rasa sakit, namun terkadang juga nyeri seperti lebam, padahal seingat saya sebelumnya tidak membentur apapun.

Jadi dalam dunia medis, bercak biru tanpa sebab ini dikenal sebagai purpura simplex. Bercak biru ini adalah penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Biasanya ditemukan pada tungkai kaki atau lengan dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain.Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pria.

Hilang sendiri

Untuk memahami terjadinya penggumpalan darah, tubuh harus mempertahankan agar darah tetap berbentuk cairan dan tetap mengalir dalam sirkulasi darah. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi pembuluh darah, jumlah dan kondisi sel darah trombosit, serta mekanisme pembekuan darah yang harus baik. Pada kasus purpura simplex, penggumpalan darah atau perdarahan akan terjadi bila fungsi salah satu atau lebih dari ketiga hal tersebut terganggu.

Banyak pula ditemukan, pasien purpura simplex memiliki pembuluh darah kapiler yang rentan, sehingga memudahkan terjadinya penggumpalan darah. Ketika pembuluh darah rusak, darah akan bocor ke daerah sekelilingnya. Darah tersebut cenderung untuk berkoagulasi atau menggumpal. Ini yang menyebabkan terjadinya bercak biru atau memar.

Stres dan kelelahan

Banyak hal bisa menyebabkan penggumpalan darah. Yang paling mudah adalah trauma atau benturan secara fisik. Tapi, tidak menutup kemungkinan penggumpalan terjadi karena hal lain. Banyak orang yang mengaku mengalami bercak biru jika sedang stres, terlalu lelah, atau karena alergi. Untuk mengatasinya, ya dikurangi saja tingkatan stresnya atau perbanyak istirahat.Faktor usia juga bisa membuat darah mudah menggumpal.

Semakin tua seseorang, fungsi pembuluh darah ikut menurun. Lapisan kulit juga kehilangan banyak jaringan lemak yang bisa melindungi pembuluh dari benturan.Untuk memastikan penyebab timbulnya bercak biru, disarankan pasien memeriksakan diri ke dokter ahli penyakit dalam. Banyak pasien yang memeriksakan diri karena takut bercak biru itu merupakan pertanda penyakit berat. Meski jarang, beberapa penyakit berat bisa ditandai oleh memar dan bercak biru. Kalau itu terjadi, tentu saja pasien memerlukan penanganan lebih lanjut.

Efek Obat-obatan

Pengaruh obat-obatan juga bisa menyebabkan timbulnya memar atau bercak biru di kulit. Seperti dijelaskan dalam situs kesehatan MayoClinic, beberapa obat pengencer darah seperti warfarin, aspirin, clopidogrel, dan prasugrel dapat meningkatkan potensi perdarahan, sehingga membentuk bercak biru di kulit. Obat-obatan jenis tersebut memang berfungsi mencegah penggumpalan darah atau sebagai pengencer darah. Tapi, ada juga risikonya, antara lain jika terjadi perdarahan atau darah bocor dari pembuluh kapiler akan lebih sulit dihentikan. Apalagi jika orang yang mengonsumsinya memiliki pembuluh darah yang mudah pecah.

Tubuh tidak bisa dengan cepat memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Ditambah lagi darah yang encer mengalir terus keluar. Obat jenis kortikosteroid juga membuat lapisan kulit menjadi lebih tipis, yang artinya menambah risiko terjadinya memar. Meski sering digunakan untuk menangani Purpura Trombositopenia Idiopatik, obat ini juga memiliki efek samping. Untuk itu, hubungi dokter ahli jika Anda mengalami bercak memar setelah mengonsumsi obat jenis kortikosteroid.

Waspada Hemofilia

Bercak biru atau memar atau lebam bisa hilang tanpa diobati. Namun, lebih baik Anda waspada jika bercak biru sering muncul disertai gejala seperti demam, terutama bila kondisi ini terjadi pada bayi dan anak-anak. Bisa jadi itu gejala hemofilia.Darah pada pasien hemofilia tidak dapat membeku secara normal.

Proses pembekuan darah terjadi tidak secepat pada orang normal. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pembekuan darah ketimbang orang normal akibat sel darah tidak bisa membeku dengan cepat. Bercak biru seperti memar juga bisa timbul sendiri jika pasien melakukan aktivitas berat dan menguras tenaga. Perdarahan ini berbahaya jika terjadi pada bagian tubuh yang vital, misalnya otak.

Akibat Kekurangan Trombosit

Salah satu penyebab timbulnya bercak biru pada kulit adalah jumlah dan kondisi sel keping darah atau trombosit yang kurang baik. Trombosit turut berperan dalam proses pembekuan darah. Sel darah yang sangat kecil ini bisa diibaratkan sebagai sumbat yang bertugas menutup setiap kebocoran yang terjadi pada pembuluh darah.Jumlah normal trombosit dalam tubuh adalah 150 ribu hingga 400 ribu per milimeter kubik. Jika jumlahnya di bawah angka tersebut, disebut trombositopenia. Orang yang mengalami trombositopenia sangat rentan mengalami bercak biru dan memar.

Ada banyak penyebab trombositopenia, mulai dari penyakit autoimun seperti HIV/AIDS hingga penyebab yang tidak diketahui.Yang banyak terjadi adalah Purpura Trombositopenia Idiopatik. Seiring perkembangan ilmu kedokteran medis, PTI diduga disebabkan oleh adanya antibodi antitrombosit. Antibodi ini merusak trombosit sehingga jumlahnya menurun.

Anda Menyukai Informasi ini? Bagikan Ke Teman :

VN:F [1.9.13_1145]
Rating: 4.7/5 (3 votes cast)
Penyebab Tanda Biru Lebam di Kulit, 4.7 out of 5 based on 3 ratings
MitraKesehatan.com Di Facebook :
Categories: Artikel

Bagaimana komentar Anda tentang "Penyebab Tanda Biru Lebam di Kulit"?

Dapatkah Penderita D

Ketika datang ke ngemil, hal pertama yang menyerang pikiran kita [...]

Bagaimana Berat Bada

Kita semua tahu bahwa kenaikan berat badan yang berlebihan dapat [...]

Penyebab Depresi pad

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Depresi kanak-kanak adalah hasil kemungkinan [...]

Cara Mengalahkan Kec

Tidak pernah mudah untuk mengalahkan kecanduan nikotin, nikotin adalah obat [...]

Cegah Kanker dengan

Studi yang dilakukan oleh badan kesehatan telah menunjukkan bahwa kanker [...]

XAMthone Plus : Manf

XAMthone Plus Jus Manggis merupakan suplemen minuman alami generasi terbaru. [...]

Obat Penyakit Diabet

Obat Penyakit Diabetes No 1 terbaik dan paling cepat menyembuhkan [...]

Obat Penyakit HIV/AI

Pertama di Dunia. Obat Penyakit HIV/AIDS yang mampu membunuh virus [...]

Obat Penyakit Kanker

Obat Penyakit Kanker stadium lanjut maupun awal. Tanpa efek samping, [...]

Obat Penyakit Stroke

Obat Penyakit Stroke No 1 terbaik dan paling cepat menyembuhkan [...]